Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Problem Based Learning terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Kimia
Eli Rohaeti, , Indonesia
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan signifikan
antara sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia dengan dan tanpa metode
eksperimen berbasis PBL. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA
SMAN 1 Depok tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan melalui
teknik purposive sampling. Satu kelas sebagai kelas eksperimen mengikuti
pembelajaran kimia metode eksperimen berbasis PBL dan satu kelas sebagai kelas
kontrol mengikuti pembelajaran kimia dengan metode eksperimen berbasis
Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi (EEK). Data dianalisis menggunakan uji-t
berpasangan, uji-t independen dan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada perbedaan sikap ilmiah peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti
metode eksperimen berbasis PBL, namun tidak ada perbedaan yang signifikan
antara sikap ilmiah peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Prestasi
belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol juga tidak menunjukkan
perbedaan yang signifikan apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.
antara sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia dengan dan tanpa metode
eksperimen berbasis PBL. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA
SMAN 1 Depok tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan melalui
teknik purposive sampling. Satu kelas sebagai kelas eksperimen mengikuti
pembelajaran kimia metode eksperimen berbasis PBL dan satu kelas sebagai kelas
kontrol mengikuti pembelajaran kimia dengan metode eksperimen berbasis
Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi (EEK). Data dianalisis menggunakan uji-t
berpasangan, uji-t independen dan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada perbedaan sikap ilmiah peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti
metode eksperimen berbasis PBL, namun tidak ada perbedaan yang signifikan
antara sikap ilmiah peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Prestasi
belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol juga tidak menunjukkan
perbedaan yang signifikan apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v6i1.6167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia