ANALISIS KEBUTUHAN GURU KIMIA TERHADAP E-MODUL BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI PERKEMBANGAN STRUKTUR ATOM
Cornelia Budimarwati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk mampu memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan efektif. Salah satu media yang potensial dalam pembelajaran kimia adalah e-modul berbasis multiple representation yang mengintegrasikan representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik untuk memfasilitasi pemahaman konsep abstrak seperti struktur atom. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru kimia terhadap pengembangan e-modul berbasis multiple representation pada materi perkembangan struktur atom. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survei eksploratif melalui angket setengah terbuka yang diisi oleh lima guru kimia SMA. Data dianalisis menggunakan teknik content analysis dengan interpretative dan inductive coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan Kurikulum Merdeka dan menyadari tantangan dalam mengajarkan struktur atom yang bersifat abstrak. Mayoritas guru menyatakan belum tersedia media yang dapat mengintegrasikan pendekatan multiple representation secara optimal. Guru menginginkan e-modul yang bersifat interaktif, mudah diakses, terstruktur dengan jelas, serta dilengkapi animasi, simulasi, dan video. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan e-modul berbasis multiple representation yang sesuai kebutuhan guru untuk mendukung pembelajaran kimia yang bermakna dan kontekstual.
Full Text:
PDFReferences
Azizah, Satria Dewi Pendit, S., Riska Mentu, J. S., & Andhika Pratama, R. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL KAPILER PRAKTIKUM IPA BERBASIS ANDROID DEVELOPMENT OF IPA PRACTICUM KAPILER E-MODULE ANDROID BASED. 8(2).
Bahri, S., Octavia Rosa, F., Hidayatullah Al Arifin, D., & Prihandono, E. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB APLIKASI PADA MATERI GELOMBANG KELAS XI.
Cigdemoglu, C. (2020). Flipping The Use of Science-Technology and Society Issues as Triggering Students’ Motivation and Chemical Literacy. Science Education International, 31(1), 74–83. https://doi.org/10.33828/sei.v31.i1.8
Fauzi, H., Farida, I., Sukmawardani, Y., & Irwansyah, F. S. (2019). The making of e-module based in inquiry on chemical bonding concept with representation ability oriented. Journal of Physics: Conference Series, 1402(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/5/055059
Gunawan, N., & Rahmawan, S. (2023). Chemical Learning Module Based on Multiple representations of Redox Materials. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 8(1), 69–80. https://doi.org/10.15575/jtk.v8i1.23075
Hartati, A., & Eva Wijayanti, I. (2024). DEVELOPMENT OF CHEMISTRY TEACHING MODULE BASED ON DIFFERENTIATION LEARNING TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES ON ATOMIC STRUCTURE MATERIAL. SPIN-JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 6(2), 214–225. https://doi.org/10.20414/spin.v6i2.11280
Hurrahman, M., Erlina*, E., Melati, H. A., Enawaty, E., & Sartika, R. P. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Multipel Representasi Dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality untuk Pembelajaran Materi Bentuk Molekul. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(1), 89–114. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i1.22579
Mardhiyah, H. R., Aldriyani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mufida, L., Subandowo, M., Gunawan, W., & Pascasarjana, S. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.
Purba, J., Panggabean, F. T. M., Widarma, A., & Sutiani, A. (2023). Development of Online General Chemistry Teaching Materials Integrated with HOTS-Based Media Using the ADDIE Model. International Journal of Computer Applications Technology and Research, 155–159. https://doi.org/10.7753/ijcatr1105.1001
Salsabila, F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155
Suan Ee, L., Xiaochen, Y., Ibrahim, N., & Surif, J. (2020). The Development of Problem-Based Learning Module Using ADDIE Model for Physical and Online Secondary Chemistry Education Classroom. https://doi.org/10.11113/sh.v14n3-2.2020
DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v10i2.24267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia