PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA

Nur Azizah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Cahyorini Kusumawardani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA kelas XI pada kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan kelas kontrol yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi termokimia, (2) mengetahui apakah terdapat peningkatan signifikan dari kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA kelas XI sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi termokimia, (3) mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA kelas XI sesudah menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi termokimia.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen, metode quasi eksperimen dengan desain penelitian pre and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ditentukan secara random sampling dengan pengacakan kelas dan diperoleh kelas XI C sebagai kelas eksperimen dan XI D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu (a) soal pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis materi termokimia, (b) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Validitas instrumen tes kemampuan berpikir kritis menggunakan validitas teoritik melalui expert judgments dan validitas empiris melalui analisis correlations pada program IBM SPSS statistics versi 27. Sedangkan reliabilitas menggunakan nilai alpha Cronbach. Statistik uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial melalui uji independent sample T-test dan paired sample T-test. Statistik deskriptif yang digunakan adalah kategori penilaian ideal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA kelas XI pada kelas eksperimen dan kelas kontrol; (2) terdapat peningkatan signifikan dari kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA kelas XI sesudah menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi termokimia; (3) tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA kelas XI sesudah menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi termokimia sebagian besar termasuk dalam kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Afni, N., & Hariono. (2020). Contextual teaching and learning (CTL) as a strategy to improve student mathematical literacy. Journal of Physisc: Conference Series.

Amrina, H. U., & Sutrisno, H. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis intelegensi personal untuk meningkatkan prestasi kognitif kimia dan kecerdasan inter-intrapersonal peserta didik SMA. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Apriani, Y. (2016). Improving reading comprehension using contextual teaching and learning (CTL). Studies in English Language and Education, 3(2), 174.

Astafani, A., dkk. (2024). Faktor kesulitan belajar materi kimia di tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 18(2), 85-98.

Astin, A. E., & Bharata, H. (2016). Penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Prosiding: Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajaran (KNMP 1) UMS, 20(2), 631-639.

Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies, 11(2), 37-48. https://doi.org/10.14254/2071-8330.2018/11-2/3

Effendy. (2016). Ilmu kimia untuk siswa SMA dan MA kelas X jilid 1A. Malang: Penerbit Akademika Indonesia.

Fitriadi, P. (2024). Pengembangan media pembelajaran mobile learning fisika berbasis contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik SMA. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63-75. https://doi.org/10.21831/pg.vl3il.21167

Hyun, C.C., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., Santoso, P.B., Igak, W., Bernarto, I., & Pramono, R. (2020). Impelmentation pf contextual teaching and learning (CTL) to improve the concept and practice of love for faith-learning integration. International Journal of Control and Automation, 13(1), 365-383.

Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Puspendik Kemendikbud: Jakarta. Tersedia pada https://hasilun.puspendik.kemendikbud.go.id/

Kemendikbud. (2022). Dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI.

Nabila, F. M., Gani, A., & Habibati. (2017). Pengaruh penerapan strategi Scaffolding terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 4 Banda Aceh pada submateri tata nama senyawa hidrokarbon. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6(2), 1310-1316.

Nuraeni, S. F. C. (2018). A lesson from Indonesia: implementing 2006 and 2013 english curriculum. The Educational Review, USA, 2(7), 386-396.

Rahmawati, D., & Nugroho, H. S. (2020). Pemahaman konsep termodinamika dan termokimia pada siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 234-241.

Sari, D. P., & Prasetyo, Z. K. (2021). Pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis tiga level representasi terhadap pemahaman konsep kimia siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 15(2), 123-130.

Styawan, A. (2020). Komparasi penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi termokimia terhadap keterampilan berpikir kritis dan efikasi diri siswa. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar. (2017). Improving mathematical problem solving ability and self confidence of high school students through contextual learning model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85-94. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3324

Ukit, U., Yusup, I. R., & Dewi, I. S. (2017). Hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi konsep sistem reproduksi wanita melalui penerapan pendekatan ekspositori. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 7(1), 35-50. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7il.2748

Zakiyah, S. (2018). Analisis kesulitan siswa pada materi termokimia di SMA. Jurnal Kimia dan Pendidikan, 3(1), 17-23.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v10i2.24000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia