Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA
Susila Kristianingrum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pendekatan STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik, serta menganalisis perubahan keterampilan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran pada materi laju reaksi.Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi-experiment dengan desain pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas penelitian yang melibatkan 72 peserta didik. Data dianalisis dengan uji Independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik, sedangkan uji Paired sample t-test digunakan untuk menganalisis perubahan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada sebelum dan sesudah penerapan pendekatan STEM. Hasil analisis menunjukkan adanya keterampilan berpikir kreatif dari peserta didik memiliki pengaruh signifikan yang dibelajarkan dengan pendekatan STEM. Analisis data juga menunjukkan adanya keterampilan berpikir kreatif yang berbeda secara signifikan pada peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran. Dengan demikian, penerapan pendekatan STEM dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMA pada materi laju reaksi.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2009). Manajemen penelitian. Jakarta: PT Raneka Cipta.
Balakrishnan, B. (2022). Exploring the impact of design thinking tool among design undergraduates: a study on creative skills and motivation to think creatively. International Journal of Technology and Design Education, 32(3), 1799-1812.
Farasti, S. S. (2024). Pengembangan E-LKPD dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Fitriyana, N., Wiyarsi, A., Pratomo,H., & Marfuatun, M. (2024). The importance of integrated learning in chemistry lesson: Perspectives from high school and vocational school chemistry teachers. Journal of Technology and Science Education, 14(2), 418-437.
Herdani, P. D., & Ratu, N. (2018). Analisis tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam menyelesaikan open-ended problem pada materi bangun datar segi empat. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 9-16.
Humaeroh, I. (2016). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi elektrokimia melalui model open-ended problems. (Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah,2016). Diterbitkan oleh UIN.
Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM Education, 3(1), 1-11.
Muliaman, A. (2021). Efektivitas model project based learning berorientasi Exe learning dan motivasi terhadap hasil belajar pada materi laju reaksi. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1):51-57.
Muttaqin, S. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada pembelajaran IPA untuk melatih keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 34-45.
Nusyirwan, D., Prayetno, E., Nugraha, S., Nugraha, H. A., Agustna, L., Shafra, A., & Fadillah, A. (2020). Mengajar engineering design process untuk memeperkenalkan stem pada siswa madrasah ibtidayah raudhatul qur’an. Warta Pengabdian, 14(4), 272-281.
OECD. (2023). PISA 2022 results (volume III): The state of learning and equity in education. Paris: OECD Publishing.
Rahayu, V. A., Haryani, S., Dewi, S. H. (2019) Keefektifan pengembangan instrument tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Journal of Chemistry In Education, 8(2), 2-5.
Rahmawati, L. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended jenis pisa. Diploma Thesis. Universitas Negeri Malang.
Ramadhanti, A., & Agustini, R. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui model inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 7(2), 385.
Sandabunga, S., Anwar, M., & Alimin. (2021). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 2 Makassar (Studi pada materi pokok laju reaksi). Jurnal chemical, 22(2), 91-98.
Sanders, M. (2009). STEM, STEM education, STEM mania. The Technology Teacher, 68(4), 20-26.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek penguatan profil pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 137.
Setiawan, N. C. A., Sutrisno., Munzil., & Danar. (2020). Pengenalan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dan pengembangan rancangan pembelajarannya untuk merintis pembelajaran kimia dengan sistem SKS di Kota Madiun. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 56-64.
Sihaloho, G. T., Sitompul, H., & Appulembang, O. D. (2020). Peran guru kristen dalam meningkatkan keaktifan siswa pada proses pembelajaran matematika di sekolah Kristen. Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 200-215.
Sihaloho, M., Hadis. S.S., Kilo, A.K., & Kilo A. L. (2021). Diagnosa miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo pada materi termokimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1), 7-13.
Singgih, S., Dewantari, N., & Suryandari. (2018). STEM dalam pembelajaran IPA di era revolusi industry 4.0. Indonesian Journal of Natural Science Education, 3(1), 299-304.
Subramaniam, M.M., Ahn, J., Fleischman, K.R., & Druin, A. (2012). Reimagining the role of school libraries in STEM education: Creating hybrid spaces for exploration. The Library Quarterly, 82(2), 161-182.
Ugras, M. (2018). The effects of activities on STEM attitudes, scientific creativity, and motivation beliefs of the students and their views on STEM education. International Online Journal of Educational Sciences, 10(5), 165-182.
Wahono,B., Lin, P. L., & Chang, C. Y. (2020). Evidence of STEM enactment effectiveness in asian student learining outcomes. International Journal of STEM Educatioon, 7(36), 1-18.
White, D. W., & Florida, A. (2014). What is STEM education and why is it important. Library of Congress, 1(1), 1-8.
Widya, W., Rifandi, R., & Rahmi, Y. L. (2019). STEM education to fulfil the 21st cemtury demand: a literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1), 12208.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 263-278.
Wiyarsi, A., Pratomo, H., & Priyambodo, E. (2020). Vocational high school students’ chemical literacy on context-based learning: A case of petroleum topic. Journal of Turkish Science Education, 17(1), 147-161.
DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v10i2.23913
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia