Development of Educational Game Material Nomenclature of Hydrocarbons and Its Derivatives as Android-Based Chemistry Learning Media
Hayuni Retno Widarti, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Deni Ainur Rokhim, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ramadhani, A. Z. (2017) “Identifikasi Kesulitan Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Kandangan pada Materi
Pertanyaan”. Thesis.
Yerimadesi, Syukri, S., & Aulia, F. (2014) “Media Pembelajaran berbasis Komputer untuk Materi Struktur dan Tata Nama Senyawa Karbon Kelas XII SMA”. Thesis.
A. F. M. Billah (2015) “Pemanfaatan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013,”
Puspitasari, P., Sari, P., Putri, J., & Wuryani, W. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi”. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 227–232. doi: 10.22460/p.v1i2p%25p.243.
A. Emda (2017) “KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN,” vol. 5, no. 2.
M. Videnovik, V. Trajkovik, L. V. Kiønig, and T. Vold, “Increasing quality of learning experience using augmented reality educational games,” Multimedia Tools and Applications, vol. 79, no. 33–34, pp. 23861–23885, 2020, doi: 10.1007/s11042-020-09046-7.
U. Jamilah (2016) “Pengembangan Media Game Edukasi Kimia Berbasis Android Materi Hidrokarbon,”
Y. Perbawaningsih, “Plus Minus of ICT Usage in Higher Education Students,” Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 103, pp. 717–724, 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.10.392.
A. Tazkiyah, S. Sulur, and S. Fawaiz (2020) “Pengembangan Modul Elektronik Dengan Feedback Berbasis Android Materi Suhu Dan Kalor Untuk Siswa SMA/MA,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 6, no. 1, p. 31, 2020, doi: 10.29303/jpft.v6i1.1731.
U. Kasma (2019)“Peranan Teknologi Informasi Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa,” Sindimas, pp. 144–148.
M. S. Khairy (2016) “Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab,”
R. T. Winarto (2012) “‘ PENERAPAN ZUMA CHEMISTRY GAME DENGAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENT ) PADA MATERI UNSUR , SENYAWA , CAMPURAN DI MTsN SURABAYA II ’ ( ZUMA CHEMISTRY APPLICATION TYPE GAME WITH COOPERATIVE TGT ( TEAMS TOURNAMENT GAMES ) TO THE MATERIALS ELEM,” Unesa Journal of Chemical Education, vol. 1, no. 1, pp. 180–188.
M. Rohwati (2012) “PENGGUNAAN EDUCATION GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP M.,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 75–81.
Amalia, K. F. (2018) “Pengembangan Game Edukasi Android pada Materi Larutan Penyangga”. Thesis.
Purnama, N. N. (2018) “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Hidrolisis Garam”. Thesis.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M .I. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University. ERlC (online), (https://eric.cd.gov/?id=ED090725), access on 2 Februari 2021. 1974.
DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v10i2.23773
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia