DESAIN MULTIMEDIA E-TAB BERORIENTASI LITERASI KIMIA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

Nurlaila Umi Hasanah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Isti Yunita, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik, kelayakan, dan respon peserta didik terhadap multimedia Electronic Titration of Acid Base (E-TAB) yang berorientasi pada literasi kimia sebagai sumber belajar mandiri pada materi titrasi asam-basa. Penelitian menggunakan metode Design-Based Research (DBR) model exploratory sequential di beberapa SMA di Kabupaten Bantul. Subjek uji coba terdiri dari lima guru kimia dan 28 peserta didik kelas XII. Instrumen yang digunakan meliputi angket analisis kebutuhan, angket kedapatgunaan, dan angket keterbacaan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan skala Likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia E-TAB memiliki karakteristik berupa ringkasan materi, video animasi simulasi praktikum, LKPD, MSDS, dan kuis, serta dapat diakses tanpa internet melalui Google Drive. Persentase keidealan dari uji guru dan peserta didik masing-masing sebesar 96,69% dan 86,62% dengan kategori Sangat Baik. Multimedia E-TAB dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri setelah penyesuaian berdasarkan masukan guru.

 

Kata Kunci: Multimedia, Titrasi Asam dan Basa, Sumber Belajar, Orientasi Literasi Kimia.


Abstract. This study aims to determine the characteristics, feasibility, and student responses to the Electronic Titration of Acid Base (E-TAB) multimedia, which is oriented toward chemical literacy as an independent learning resource for high school students on acid-base titration material. The research employed a Design-Based Research (DBR) method with an exploratory sequential model, conducted in several senior high schools in Bantul Regency. The trial subjects included five chemistry teachers and 28 twelfth-grade students. The research instruments consisted of student needs analysis questionnaires, teacher usability questionnaires, and student readability questionnaires. Data were analyzed using qualitative descriptive methods and converted to quantitative data using a Likert scale.

The results show that E-TAB multimedia features include material summaries, animated simulation videos, student worksheets (LKPD), Material Safety Data Sheets (MSDS), and quizzes. It is accessible offline via a free Google Drive link. Usability and readability tests showed ideal percentages of 96.69% and 86.62%, respectively, both categorized as Excellent. E-TAB multimedia was declared feasible for use after incorporating feedback from chemistry teachers and is considered suitable as a self-learning tool for students.

 


Full Text:

PDF

References


Abu, N., Lestari, S. R., & Azizah, N. (2020). Pengembangan video praktikum interaktif berbasis pendekatan STEM pada materi hidrokarbon untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.30756

Adiati, C. C., Firdaus, R., & Nurwahidin, M. (2023). Efektivitas video animasi terhadap hasil belajar peserta didik. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(01), 69-81. https://doi.org/10.34005/akademika.v12i01.2663.

Adiningsih, M. D., Karyasa, I. W., & Muderawan, I. W. (2019). Profil keterampilan proses sains peserta didik dalam praktikum titrasi asam basa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 94. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21241.

Aditya, R. F., & Indana, S. (2022). Analysis of Science Literation Indicators in Cell Aditya Materials in Student Handbooks. 11(1),148–154.

Alruthaya, Z., et al. (2021). Digital native and their learning preferences. Journal of Education, 9(3), 23-40.

Amalia & Rahmanelli, (2024). Pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran geografi peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 13 Padang. Jurnal Buana, 8 (1), 91-100.

https://doi.org/10.24036/buana/vol8-iss1/3259.

Andriani, M., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2019). Pengembangan modul kimia berbasis kontekstual untuk membangun pemahaman konsep peserta didik pada materi asam basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 25. https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i1.1653.

Aqsa, B. H., Haris, M., Supriyadi. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis multimeidia virtual lab PhET terhadap hasil belajar kimia materi asam basa. Chemistry Education Practice. 7(2), 396-402. DOI:10.29303/cep.v7i2.6691.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan media dan sumber belajar: Teori dan prosedur. Laksita Indonesia.

Dwiningsih, K., et al. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran di era global. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156-176. http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p156--176.

Fajri, Nyak Mutya A. K. & Yusmaita, E. (2021). Analisis literasi kimia peserta didik di SMAN 1 Batam pada topik hukum-hukum dasar kimia dengan model rasch. Jurnal Eksakta Pendidikan, 5(1), 102-108. DOI:10.24036/jep/vol5-iss1/576

Jannah, M., & Prasojo, L. D. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Mandiri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/71297/

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 78/P/2019, tentang Kelompok Kerja Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019.

Koesnandar, A. (2019). Pengembangan software pembelajaran multimedia interaktif. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.548.

Lestari, A. S., (2013). Pembelajaran multimedia. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 84-98.

Limbong, J. A., & Hennilawati, S. M. H. (2023). Penggunaan ejaan bahasa indonesia pada penulisan surat izin siswa kelas VIII SMP swasta Advent Barus Kecamatan Andam Dewi. Prodi Pendidikan Bahasa: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia BASASASINDO, 4(1), 31-39. Retrieved from https://www.jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/ basasindo/article/view/1365.

Lutfi, A. 2017. Pengembangan media laboratorium virtual bersarana komputer untuk melatih berpikir kritis pada pembelajaran asam, basa, dan garam. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. JPPMS, 1(1). Diakses pada http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/.

Marzuki, H., & Astuti, R. T. (2017). Analisis kesulita pemahaman konsep pada materi titrasi asam basa peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 22-27. DOI:10.19109/ojpk.v1i1.1862.

Muhali. (2019). Pembelajaran inovatif di abad ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 25-50. https://doi.org/10. 36312/e-saintika.v3i2.126.

Nurhuda, H. (2022). Masalah-masalah pendidikan nasional; faktor-faktor dan solusi yang ditawarkan. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 127-137. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.406.

Pathiyah, A. (2019). Analisis tingkat ketepatan konsep buku teks biologi bilingual. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(2), 59-64. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1839.

Priliyanti, A., et al. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mempelajari kimia kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11-18. DOI:10.23887/jjpk.v5i1.32402

Putra, R. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis kepuasan pengguna aplikasi Flip.id menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(4), 19-26. Tersedia pada https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/43245.

Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. 2018. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1): 38–47. http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752.

Rizkia, N. & Taslima. 2022. Keefektifan Manajemen Laboratorium Kimia di SMA Negeri 1 Tapaktuan Aceh Selatan. Lantanida Journal, 10(1), 25-33.

Samsinar, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959.

Santika, I. G., Suarni, I. K., & Lasmawan, W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694-700. https://doi.org/10.37081/ed.v1013.3690.

Swandi, A., Nurul Hidayah, S., & Irsan, L. J. (2015). Pengembangan media pembelajaran laboratorium virtual untuk mengatasi miskonsepsi pada 103 materi fisika inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia, 18(52). https://doi.org/10.22146/jfi.24399.

Tampubolon, R., Gulo, Y., & Nababan, R. (2022). Pengaruh reformasi kurikulum pendidikan Indonesia terhadap kualitas pembelajaran. Jurnal Darma Agung, 30(2), 389-395. http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1748.

Trisnawati, N. K. A., Pujiati, P., & Sulistyarsi, A. (2020). Penyusunan ensiklopedia berbasis riset pengaruh limbah organik terhadap pertumbuhan jamur tiram (Pleurotus ostreatus) pada materi bioteknologi kelas XII SMA. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS (Vol. 5).

Zakaria. (2021). Kecakapan Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Masa Pandemi. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 4(2), 81-90. https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i2.276




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v10i2.23541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia