Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kesetimbangan Kimia

Rizka Maylaffayza Putri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Retno Arianingrum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan, kepraktisan, dan uji keterbacaan e-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran kesetimbangan kimia. Penelitian pengembangan berikut dilakukan dengan mengadopsi model 4D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan lima guru kimia, angket analisis kebutuhan peserta didik, lembar validasi kepada dua ahli media dan materi, angket kepraktisan diberikan kepada lima guru kimia, serta angket keterbacaan peserta didik diberikan kepada 60 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri di Yogyakarta. Data kuantitatif dikumpulkan dengan angket berskala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD dinyatakan layak oleh validator ahli media dan materi dengan revisi sesuai saran. Hasil uji kepraktisan menunjukkan e-LKPD memiliki tingkat kepraktisan 88% dengan kategori sangat baik dan hasil keterbacaan mendapat skor sebesar 86% dengan kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Asrori, A., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Sesuai Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosding Sendika, 5(1).

Devtriarani, Y., Khoirunnisa, F., & Sabekti , A. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Medley Melayu pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2).

Gabriella, N., & Mitarlis. (2021). Pengembangan LKPD Berorientasi Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Beripikir Kritis pada Materi Hidrokarbon. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 103-112.

Hardiyanti, P. C. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Materi Hidrolisis dan Penyanga untuk Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis dan Interpersonal Peserta Didik. Semarang: Pascasarjana UNNES.

Herdiansyah, K. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Eksponen, 81, 25-33.

Jasperina, & Suryelita. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Alkanal dan Alkanon untuk Kelas XII SMA/MA. Edukimia Journal, 1(3), 112-117.

Muslem, H. M., & Safitri, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Fluida Statis. Edusains : Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 7(1), 28-34.

Nurbayani, A., Rahmawati, E., Inayah, N., Dinda, P., Fitria, F., Afni, & Safira, Y. (2021). osialisasi Penggunaan Aplikasi Livewroskheet sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education 1, 126-133.

Rahmi, R., Hartini, S., & Wati, M. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 174.

Sihafudin, A., & Trimulyono, G. (2020). Validitas dan Keefektifan LKPD Pembuatan Virgin Coconut Oil secara Enzimatis Berbasis PBL untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Bioteknologi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1), 73-79.

Sofnidar, & Sabil, H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan Kontekstual . Jurnal Pendidikan Matematika 2.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta. Widoyoko, E. P. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, E. E., & Hartati, S. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Model

Problem Based Learning (Pbl) Menggunakan Audiovisual. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 32-41.

Wulandari, T. J., Sibuea, A. M., & Siagian, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v9i2.20733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia