Inovasi Pembelajaran Kimia Berorientasi SDGs Pada Materi Konsep Mol Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Sistem
Rr. Lis Permana Sari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Kimia merupakan mata pelajaran yang abstrak dan sulit dipahami. Indikator terpenting dalam keberhasilan belajar kimia adalah dengan memahami konsep kimia dan mengaitkan konsep kimia dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran sebagai sarana untuk mengimplementasikan pembelajaran pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Konsep dalam pembelajaran kimia erat hubungannya dengan lingkungan sehingga dapat merangsang siswa dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan sekitar menggunakan konsep kimia. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah akan berkembang apabila siswa dilatih berpikir secara sistemik atau yang biasa disebut kemampuan berpikir sistem. Berpikir sistem terdapat berbagai skala, termasuk dimensi makroskopik, submikroskopik, simbolik, dan human element. Keempat dimensi ini disebut sebagai mahaffy’s tetrahedral. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa penerapan pembelajaran yang merepresentasikan tetrahedral kimia sebagai skala dalam berpikir sistem memberikan hasil capaian yang baik. Artikel ini akan mengkaji tentang inovasi pembelajaran kimia berbasis Pembangunan berkelanjutan untuk penguatan berpikir sistem siswa. Melalui artikel ini diharapkan pendidik dapat menyisipkan dan menerapkan prinsip Pembangunan berkelanjutan dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa.
Full Text:
PDFReferences
Annisak, S. K., Indriyanti, N. Y., & Mulyani, B. 2019. Constructive controversy dan inkuiri terbimbing sesuai representasi tetrahedral pembelajaran kimia ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1):10-22.
Arnold, R. D., &Wade, J. P. 2015. A definition of systems thinking: a systems approach. Procedia Computer Science, 44:669-667. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.03.050
Badan Pusat Statistik. 2016. Potret awal tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals) di Indonesia. In Katalog BPS.
Betty Gusdwisari. 2020. Digital Skill Education Concept, Upaya Peningkatan Kualitas Generasi Muda Dan Mengurangi Tingkat Pengangguran Menuju SDGs 2030. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI.
Budiastra, A. A. K., Puspitasari, S., Wicaksono, I., & Erlina, N. 2021. Study of The Local Wisdom Curriculum of Geopark Belitung to Support Local Cultural Values in Context of Natural Science Learning for Elementary School. Advances in Social Sciences Research Journal, 8(5):692–706.
Burmeister, M., & Eilks, I. 2012. Education for Sustainable Development (ESD) and chemistry education. Chemistry Education Research and Practice, 13(2):59–68. https://doi.org/10.1039/c1rp90060a
Fisher, M. A. (2022). Chemistry and the challenge of sustainability. Journal of Chemical Education, 89(2):179–180. https://doi.org/10.1021/ed2007923
Gilbert, Lisa, A., Deborah, S., Gross & Karl, J. 2018. Developing undergrate students system thinking skills with an InTeGrate module. Journal of Geoscience Education, 67: 1-16.
Hizriati, W., & Aini, F. Q. 2022. Studi Literatur: Pendekatan Human Element pada Buku Teks Chemistry Human Activity, Chemical Reactivity Karya Mahaffy dkk Materi Kesetimbangan Asam Basa dalam Larutan. Jurnal Entalpi Pendidikan Kimia.
Littig, B. & Griessler, E. 2005. Social sustainability: a catchword between political pragmatism and social theory. Int. J. Sustain. Dev., 8: 65-79.
Mahaffy, P. 2004. Shapes in Chemistry and Chemistry Education. Chemistry Education: Research and Practice, 5(3):229–245.
Mahaffy, P. 2006. Moving chemistry education into 3D: A tetrahedral metaphor for understanding chemistry: Union carbide award for chemical education. Journal of Chemical Education, 83(1):49–55. https://doi.org/10.1021/ed083p49
Nuraeni, R., Setiono, Aliyah, H. 2020. Analisis kemampuan berpikir sistem siswa kelas xi sma pada materi sistem pernapasan manusia. Jurnal Pedagogi Hayati, 4(1): 1-9. https://doi.org/10.31629/ph.v4i1.2123
Perkasa, M., Agrippina, Wiraningtyas. 2017. Pembelajaran kimia berorientasi sustainable development untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan. Jurnal Sainsmat, 6(2):53-72.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. 2021. Pembelajaran paradigma baru. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Jakarta.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. 2022. Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4):7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Surani, D. 2019. Studi Literatur : Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. pp. 456-469. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2 Vol.1.
Widyasari, F., Indriyati, N. Y., & Mulyani, S. 2018. Pengaruh pembelajaran kimia dengan model pjbl dan pbl berdasarkan representasi tetrahedral kimia ditinjau dari kreativitas siswa. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 3(2):93-102.
Zubaidah, S. 2019. STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke21. Seminar nasional Matematika dan Sains. Universitas Indralodra, Indramayu.
DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v9i2.20640
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia