IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP STOIKIOMETRI PADA SUMBER BELAJAR KIMIA SMA

Karimatunnisa' Karimatunnisa', Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Heru Pratomo Aloysius, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi materi stoikiometri pada sumber belajar kimia SMA yang digunakan di Kabupaten Magelang serta memberikan konsep yang benar sebagai penyelesaiannya. Sumber belajar yang diteliti meliputi dua buku teks pelajaran, dua Lembar Kerja Siswa (LKS), dan sebuah handout yang dibuat oleh guru. Instrumen yang digunakan berupa lembar analisis kebenaran konsep yang berisi kisi-kisi kebenaran konsep, yaitu hukum dasar kimia, konsep mol, dan perhitungan kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lima sumber belajar yang diteliti terdapat beberapa potensi miskonsepsi dan miskonsepsi pada konsep stoikiometri, yaitu: (1) pemilihan kata yang tidak tepat; (2) soal yang tidak kontekstual; (3) penyelesaian soal yang tidak memperhatikan urutan konsep; (4) penyelesaian soal hukum Dalton; (5) penjelasan volume molar; (6) penerapan Ar dan Mr; (7) penggunaan besaran dan satuan; (8) contoh soal yang tidak tepat pada persen komposisi unsur; (9) penyelesaian soal yang tidak lengkap pada rumus empiris; (10) penulisan rumus empiris dan rumus molekul; (11) penyelesaian soal pada rumus molekul; (12) penjelasan persamaan reaksi kimia; (13) penjelasan persen volume; (14) penggunaan lambang satuan pada atomic mass unit (amu atau Da) dan part per million (ppm).

Full Text:

PDF

References


Anintia, R., Sadhu, S., & Annisa, D. (2017). Identify students’ concept understanding using three-tier multiple choice questions (TTMCs) on stoichiometry. International Journal Of Science and Applied Science, 2(1). https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16734

Ardianti, S. P. (2022). Ringkasan Materi Stoikiometri. Magelang: SMA N 1 Mertoyudan.

Astuti, F., Redjeki, T., & Nurhayati, N. D. (2016). Identifikasi miskonsepsi dan penyebabnya pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 10-17.

Chang, R. (2005). Kimia Dasar : Konsep-konsep Inti Jilid 2 Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Foroushani, S. (2019). Misconceptions in engineering thermodynamics: A review. International Journal of Mechanical Engineering Education, 47(3), 195-209.

Ilyas, A & Saeed, M. (2018). Exploring teachers’ understanding about misconceptions of secondary grade chemistry students. IJCDSE, 9(1), 3323-3328. https://doi.org/10.20533/ijcdse.2042.6364.2018.0444

Margono, N. Y., Maureen, J., & Lisnawati, R. (2021). Kimia Mata Pelajaran Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMA/ MA Kelas X Semester 2. Yogyakarta: Intan Pariwara.

Moodley, K., & Gaigher, E. (2019). Teaching electric circuits: Teachers’ perceptions and learners’ misconceptions. Research in Science Education, 49(1), 73-89. https://doi.org/10.1007/s11165-017-9615-5

Purba, M., & Sarwiyati, E. (2017). Kimia untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Jakarta: Erlangga.

Puspendik. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun 2019. Puspendik. Diakses pada 12 September 2021 dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id

Salirawati, D. (2011). Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Kesetimbangan Kimia Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 15(2): 232-249.

Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.15469

Shadreck, M., & Enunuwe, O. C. (2018). Recurrent difficulties: Stoichiometry problem-solving. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 14, 25-31.

Siswaningsih, W., Anisa, N., Komalasari, N. E., & Indah, R. (2014). Pengembangan tes diagnostik two-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi kimia siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 117-127.

Sudarmo, U. (2013). Kimia 1 untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Revisi. Erlangga.

Suprapto, N. (2020). Do we experience misconceptions?: An ontological review of misconceptions in science. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(2), 50-55. https://doi.org/10.46627/sipose

Tim Penyusun. (2013). Belajar Praktis Kimia Mata Pelajaran Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMA/ MA Kelas X Semester 2. Jawa Tengah: Viva Pakarindo.

Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi siswa pada pembelajaran IPA serta remediasinya. Bio Educatio, 2(2), 279470.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v8i2.20632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia