IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP STOIKIOMETRI PADA SUMBER BELAJAR KIMIA SMA
Heru Pratomo Aloysius, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anintia, R., Sadhu, S., & Annisa, D. (2017). Identify students’ concept understanding using three-tier multiple choice questions (TTMCs) on stoichiometry. International Journal Of Science and Applied Science, 2(1). https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16734
Ardianti, S. P. (2022). Ringkasan Materi Stoikiometri. Magelang: SMA N 1 Mertoyudan.
Astuti, F., Redjeki, T., & Nurhayati, N. D. (2016). Identifikasi miskonsepsi dan penyebabnya pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 10-17.
Chang, R. (2005). Kimia Dasar : Konsep-konsep Inti Jilid 2 Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Foroushani, S. (2019). Misconceptions in engineering thermodynamics: A review. International Journal of Mechanical Engineering Education, 47(3), 195-209.
Ilyas, A & Saeed, M. (2018). Exploring teachers’ understanding about misconceptions of secondary grade chemistry students. IJCDSE, 9(1), 3323-3328. https://doi.org/10.20533/ijcdse.2042.6364.2018.0444
Margono, N. Y., Maureen, J., & Lisnawati, R. (2021). Kimia Mata Pelajaran Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMA/ MA Kelas X Semester 2. Yogyakarta: Intan Pariwara.
Moodley, K., & Gaigher, E. (2019). Teaching electric circuits: Teachers’ perceptions and learners’ misconceptions. Research in Science Education, 49(1), 73-89. https://doi.org/10.1007/s11165-017-9615-5
Purba, M., & Sarwiyati, E. (2017). Kimia untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Jakarta: Erlangga.
Puspendik. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun 2019. Puspendik. Diakses pada 12 September 2021 dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id
Salirawati, D. (2011). Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Kesetimbangan Kimia Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 15(2): 232-249.
Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.15469
Shadreck, M., & Enunuwe, O. C. (2018). Recurrent difficulties: Stoichiometry problem-solving. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 14, 25-31.
Siswaningsih, W., Anisa, N., Komalasari, N. E., & Indah, R. (2014). Pengembangan tes diagnostik two-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi kimia siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 117-127.
Sudarmo, U. (2013). Kimia 1 untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Revisi. Erlangga.
Suprapto, N. (2020). Do we experience misconceptions?: An ontological review of misconceptions in science. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(2), 50-55. https://doi.org/10.46627/sipose
Tim Penyusun. (2013). Belajar Praktis Kimia Mata Pelajaran Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMA/ MA Kelas X Semester 2. Jawa Tengah: Viva Pakarindo.
Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi siswa pada pembelajaran IPA serta remediasinya. Bio Educatio, 2(2), 279470.
DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v8i2.20632
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia