ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENURUT INDIKATOR FACIONE PADA PEMBELAJARAN KIMIA DARING DAN LURING

Karina Wahyu Ayu Novitasari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nurfina Aznam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA salah satu SMA Negeri di Kabupaten Gunungkidul pada pembelajaran kimia secara daring dan luring pada materi laju reaksi ditinjau dari indikator keterampilan berpikir kritis menurut Facione. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode studi kasus. Sampel penelitian sebanyak 69 orang siswa dengan 34 orang siswa daring dan 35 orang siswa luring. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal keterampilan berpikir kritis dan angket pengalaman belajar kimia siswa secara daring dan luring. Analisis data dilakukan secara deskriptif, persentase, dan uji sampel t independen. Hasil angket pengalaman belajar siswa menunjukkan terdapat perbedaan proses pembelajaran kimia secara daring dan luring. Perbedaan terletak pada cara guru menjelaskan materi dan ada tidaknya diskusi. Hasil analisis jawaban soal keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia secara daring maupun luring menunjukkan keterampilan analisis berada pada kategori tinggi, keterampilan interpretasi, eksplanasi, pengambilan kesimpulan, dan evaluasi pada kategori cukup, sedangkan keterampilan pengaturan diri pada kategori rendah sekali.

Full Text:

PDF

References


Facione, P. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assessment, 2007(1), 1-23. From https://researchgate.net

Gabel, D. (1998). The complexity of chemistry and implications for teaching. International Handbook of Science Education, 233-248. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4940-2_15

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol 8(3), 496–503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Kartini, T., & Rusman, R. (2019). Studi Evaluatif Kurikulum Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Jaringan Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 74–86. https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.23651

Kriswantoro, Kartowagiran, B., & Rohaeti, E. (2021). A Critical Thinking Assessment Model Integrated with Science Process Skills on Chemistry for Senior High School. European Journal of Educational Research, 10(1), 285-298. https://doi.org/10.12973/eu- jer.10.1.285

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76. From https://core.ac.uk/download/pdf/354379665.pdf

National Education Association. Preparing 21st century students for a global society: An educator’s guide to the “Four Cs.”. From https://nea.org

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253. https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824

Tani, S., & Ekawati, E. Y. (2019). Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 13–16. https://doi.org/10.20961/jmpf.v7i2.31454

Utami, B., Saputro, S., Ashadi A., Masykuri, M., & Widoretno, S. (2017). Critical thinking skills profile of high school students in learning chemistry. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2) 124-130. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5134

Utami, B., Probosari, R. M., Saputro, S., Ashadi, A., Masykuri, M., & Sutanto A. (2018). Students' critical thinking skills profile: constructing best strategy in teaching chemistry. IJPTE: International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2, 71-76. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.19768

Yunita, S., Salastri, R., & Hermansyah, A. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis mata pelajaran kimia pada siswa kelas XI SMAN 1 Kepahiang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2(1), 33–38. https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4628




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v8i2.20630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia