PENGARUH PENERAPAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING SISWA KELAS X PADA MATERI REAKSI REDOKS

Karinez Leony Inaya Putri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sunarto Sunarto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penerapan virtual laboratory terhadap self-regulated learning siswa dan besarnya sumbangan efektif penerapan virtual laboratory terhadap self-regulated learning siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi angket, lembar observasi, dan soal pretest-posttest. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh penerapan virtual laboratory terhadap self-regulated learning siswa, sedangkan sumbangan efektif penerapan virtual laboratory dianalisis dengan effect size Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan self-regulated learning antara kelas yang menerapkan virtual laboratory dengan kelas yang tidak menerapkan virtual laboratory pada materi reaksi redoks, dimana penerapan virtual laboratory dapat meningkatkan self-regulated learning siswa. Selain itu, sumbangan efektif yang diperoleh dari penerapan virtual laboratory terhadap self-regulated learning siswa pada materi reaksi redoks yaitu sebesar 48%.

Full Text:

PDF

References


Ali, N., & Ullah, S. (2020). Review to analyze and compare virtual chemistry laboratories for their use in education. Journal of Chemical Education, 97(10), 3563–3574. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00185

Aliyu, F., & Talib, C. A. (2019). Virtual chemistry laboratory: a panacea to problems of conducting chemistry practical at science secondary schools in Nigeria. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 8(5), 544–549. https://doi.org/10.35940/ijeat.E1079.0585C19

Alqadri, Z. (2018). Using virtual laboratory in direct instruction to enhance students’ achievement. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, IV(10), 100–108. https://doi.org/10.18768/ijaedu.415413

Budiman, Haris. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 75-83.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Penerbit: Refika Aditama. Bandung.

Kolil, V. K., Muthupalani, S., & Achuthan, K. (2020). Virtual experimental platforms in chemistry laboratory education and its impact on experimental self-efficacy. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00204-3

Langitasari, Indah , (2016), “Analisis kemampuan awal multi level representasi mahasiswa tingkat pada konsep reaksi redoks”, Jurnal Kimia dan Pendidikan, 1(1).15.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Normina. (2017). Pendidikan dalam kebudayaan. Jurnal Kopertaris Wilayah XI Kalimantan, 15 (28), 17-28.

Siregar, Eka Muharyani. (2017). "Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Asam Basa Kelas Xi Mia Man Model Kota Jambi”. Skripsi: Universitas Jambi.

Solikhatul, J.B. (2013). Studi evaluasi pemahaman konsep reaksi redoks menggunakan tes objektif beralasan pada siswa kelas x sma negeri 10 malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sutrisno. (2011). Pengantar pembelajaran inovatif berbasis teknologi informasi & komunikasi. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v8i2.20628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia