IDENTIFIKASI MISKONSEPSI TERMOKIMIA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PADA PESERTA DIDIK SMA KELAS XI MIPA

Ririn Widyaningsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Heru Pratomo Aloysius, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Miskonsepsi masih menjadi topik yang banyak diteliti sampai saat ini. Menganalisis miskonsepsi dapat membantu untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik pada suatu materi pembelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis miskonsepsi yang dialami peserta didik dalam materi termokimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Untuk mengidentifikasi miskonsepsi, peneliti menggunakan tes diagnostik berupa tes pilihan ganda dengan alasan terbuka. Populasi sebanyak 144 peserta didik dan diambil 70 peserta didik dijadikan sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik random sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif yang diinterpretasikan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peserta didik mengalami miskonsepsi tertinggi pada konsep penulisan persamaan termokimia dan simbol perubahan entalpi.

Full Text:

PDF

References


Abraham, M. R., Grzybowski, E. B., Renner, J. W., & Marek, E. A. (1992). Understandings and misunderstandings of eighth graders of five chemistry concepts found in textbooks. Journal of Research in Science Teaching, 29(2), 105–120.

Arora, A. K., & Srinivasan, R. (2020). Impact of pandemic COVID-19 on the teaching– learning process: A study of higher education teachers. Prabadhan: Indian Journal of Management, 13(4).

Astuti, F., Redjeki, T., & Nurhayati, N. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Dan Penyebabnya Pada Siswa Kelas XI Mia Sma Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016 pada Materi Pokok Stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 5(2), 10– 17.

Fazlia, R., & Rahmayani, I. (2017). Identifikasi kesulitan siswa dalam memahami materi termokimia dengan menggunakan three-tier multiple choice diagnostic instrument di kelas XI MIA 5 MAN Model Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(1), 35–44.

Jusniar., Effendy., & Budiasih, E. (2020). Misconceptions in Rate of Reaction and Education Research, 9(4), 1405- 1423.

Monita, A. F., & Suharto, B. (2016). Identifikasi dan analisis miskonsepsi siswa menggunakan three-tier multiple choice diagnostic instrument pada konsep kesetimbangan kimia. Quantum, 7(1), 27–38.

Murniawati, S., Eny, E., & Ira, L. (2018). Deskripsi Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Termokimia pada Siswa Kelas XI MAN Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(9).

Ni'mah, M., Subandi, & Munzil. (2020). Keefektifan Pembelajaran POGIL dengan Strategi Konflik Kognitif untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Laju Reaksi KELAS XI SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9): 1257-1264.

Prodjosantoso, A. K., Artanti, M. H., & Irwanto. (2019). The Misconception Diagnosis on Ionic and Covalen Bonds Concepts with Three Tier Diagnostic Test. International Journal of Instruction, 12(1).

Puji, L. 2012. Analisis Miskonsepsi Kimia pada Pembelajaran Termokimia Siswa Kelas XI SMAN 2 Sukoharjo.Skripsi.Surakarta:Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Saheb, W. A., Supriadi, B., & Prihandono, T. (2018). Implementasi pendidikan karakter dan IPTEK untuk generasi milineal Indonesia dalam menuju Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Prosiding Seminar Pendidikan, 6–13.

Setiawan, D., Cahyono, E., & Kurniawan, C. (2017). Identifikasi dan analisis miskonsepsi pada materi ikatan kimia menggunakan instrumen tes diagnostik three-tier. Journal of Innovative Science

Education, 6(2), 197–204. https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.15580

Shui-Te, L., Irene, W.K., Sri, W., & Harjito. (2018). Hasil Identifikasi Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Aspek Makroskopis, Mikroskopis, Dan Simbolik (Mms) Pada Pokok Bahasan Partikulat Sifat Materi Di Taiwan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1).

Sihaloho, M., Hadis, S. S., Kilo, A. K., & La Kilo, A. (2021). Diagnosa miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo pada materi Termokimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1), 7–13. https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.7133

Siswaningsih, W., Hernani, & Rahmawati, T. (2014). Pengembangan

tes diagnostik two-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi kimia siswa SMA. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1), 117. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.487

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wisudawati, Asih Widi & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsipada pembelajaran IPA beserta remidiasinya. Jurnal Bio Education, 4(1), 1–23.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v8i2.20627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia