PENGEMBANGAN E-BOOK PENGAYAAN KIMIA KOSMETIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA SMK/MAK TATA KECANTIKAN KULIT DAN RAMBUT

Nariswara Lova Sari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Eli Rohaeti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik dan kelayakan e-book berdasarkan penilaian validator, serta menentukan kualitas berdasarkan penilaian guru serta uji keterbacaan terhadap e-book pengayaan kimia kosmetik. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D. Kedapatgunaan dan keterbacaan buku pengayaan elektronik kimia kosmetik yang dikembangkan dilakukan oleh 5 reviewer yang terdiri dari guru kecantikan dasar di SMK Negeri 6 Yogyakarta yang meninjau empat komponen, yaitu materi dan bahasa, penggunaan, penyajian, dan kegrafikaan. Sedangkan responden siswa sebanyak 30 anak dengan kriteria prestasi tinggi, sedang dan rendah yang meninjau tiga komponen, yaitu komponen bahasa dan penggunaan, penyajian dan kegrafikaan. Hasil penelitian menunjukkan penilaian kualitas e-book oleh guru diperoleh skor rata-rata secara keseluruhan terhadap produk sebesar 75,8 dari skor maksimal 90, persentase keidealan 84,22% yang termasuk dalam kriteria Sangat Baik (SB). Sedangkan hasil uji keterbacaan diperoleh skor rata-rata produk sebesar 93,31 dari skor maksimal 105, persentase keidealan 88,92% yang termasuk dalam kriteria Sangat Baik (SB).

Full Text:

PDF

References


Aan Prabowo, Heriyanto, S.Sos., M. I. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektroni (E-Book) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–9. http://ejournal- s1.undip.ac.id/index.php/jip%5CnA NALISIS.

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & agus adiarta. (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Flip PDF Corporate Edition Bagi Para Guru Di Smk TI Udayana. Abdimas Dewantara, 1(2), 31–44. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/abdimas dewan-tara/article/view/286 9

Erlinda, N., & Surya, E. (2017). The Conditions of Learning, 3rd edition. Holt Rinehart and Winston Inc.

Ernawati, D., & Ikhsan, J. (2017). The Development of Monograph with 3- Dimentional Illustrations Titled “Augmented Chemistry: Hydrocarbon” as Learning Enrichment Materials. Journal of Physics: Conference Series, 755(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/755/1/011001

Fitri, E. R., & Pahlewi, T. (2020). Pengembangan LKPD Berbantuan Flip PDF Corporate Edition pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. JPAP: Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 281–291. https://journal.unesa.ac.id/ index.php/jpap/article/view/9871

Hermawan, D., Rahmawanti, N., & Dony, N. (2018). Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri Pada Pembelajaran Kimia Tentang Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Khoirunnisa, A., Nulhakim, L., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Perpindahan Kalor Mata Pelajaran Ipa. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 25–36. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i 1.10559

Kisworo, B. (2020). Kajian Aksiologid Ranah Etika pada Penggunaan Bahan Kimia Produk Kosmetika. 3(1), 23–30.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. www.journals.mindamas.com/i ndex.php/sipatahoenan

Mahdiyyah, M., & Putriana, N. A. (2019). Analisis Kimia untuk Mendeteksi Kandungan Non- Halal pada Kosmetik. Farmasetika.Com (Online), 4(5), 155–164. https://doi.org/10.24198/farmas etika.v4i5.23067

Mardapi, D. (2017). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Medika.

Menteri Pendidikan Nasional RI. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2005 Tentang Statuta Universitas Airlangga. In Universitas Stuttgart (Issue 2). Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Ar-Ruzz Media.

Suryani, A. S., & Atun, P. S. (2013). Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Reaksi Redoks Dan Elektrokimia Untuk Sma / Ma Berdasarkan Kurikulum 2013 Based Curriculum 2013. 47–54.

Tranggono, R. (2017). Buku Pegangan Ilmu Kosmetika. Gramedia Pustaka Utama.

Uno, H. B. (2017). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.

Widyaningrum, E., H, S. A., & Iqbal, M. (2015). Pengembangan Produk Penelitian Berupa Buku Nonteks sebagai Buku Pengayaan Pengetahuan ( The Developing of Research Product in the Form Non-Text Book as a Knowledge Enrichment Book ). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–5




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v8i1.20625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia