Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issue Dalam Rangka Mendukung Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi Siswa SMA/MA Kelas XI

Asti Aulia Jayanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dina Dina, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video berbasis socio-scientific issues sebagai media pembelajaran pembangunan berkelanjutan materi hidrokarbon dan minyak bumi bagi siswa SMA/MA kelas XI. Pengembangan dilakukan dengan desain exploratory sequential dengan subjek penelitian terdiri dari 5 guru kimia dan 31 siswa SMA/MA di Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan dengan metode studi pustaka dan instrumen angket. Hasil pengembangan berupa video pembelajaran yang berisi tiga materi utama hidrokarbon dan minyak bumi sesuai dengan yang tercantum dalam kurikulum. Video dapat diakses secara daring melalui platform Youtube atau memindahkan file menggunakan USB/bluetooth. Hasil uji keterbacaan oleh siswa menunjukkan kategori sangat layak dengan rerata persentase keidealan 79,07% dan analisis angket penelitian menyatakan video tersebut layak digunakan sebagai sumber informasi yang berbasis socio-scientific issues oleh guru kimia dan siswa SMA. 


Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2013). Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau. Jurnal Pedagogia, 2(1), 98–

https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50

Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). Keefektifan multimedia interaktif berbasis blended learning. Kwangsan, 04(02), 111–118.

Badrun, Y., & Mubarak. (2010). Dampak industri perkebunan kelapa sawit terhadap lingkungan global. Seminar Dan Lokakarya Revitalisasi Dan Penguatan Jenjang Kerjasama Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Lembaga Penelitian Universitas Riau, November 2010, 171–179.

Burmeister, M., Rauch, F., & Eilks, I. (2012). Education for sustainable development (ESD) and chemistry education. Chemistry Education Research and Practice, 13(2), 59–68. https://doi.org/10.1039/c1rp90060a

Creswell, J. W., & Plano Clark, V. I. (2018). Designing and conducting mixed methods research (3rd ed.). Sage.

Devita, L. (2015). Biodiesel sebagai bioenergi alternatif dan prospeftif. Agrica Ekstensia, 9(2), 23–26.

Dishadewi, P., Wiyarsi, A., Prodjosantoso, A. K., & Nugraheni, A. R. E. (2020). Chemistry-based socio-scientific issues (SSIs) as a learning context: An exploration study of biofuels. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1440/1/012007

Dwiningsih, K., Sukarmin, Muchlis, & Rahma, P. T. (2018). Developing chemical instructional media using virtual laboratory media based on the global era learning paradigm. Teknologi Pendidikan, 06(02), 156–176.

Endrawati, O. (2021). 61 persen sumber listrik RI berasal dari pembangkit batu bara.

Fitriandari, M., & Winata, H. (2021). Manajemen pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Competence: Journal of Management Studies, 15(1). https://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/10424

Gustita’iroh, U. M. Z., Rohmah, S. A., & Noor, F. M. (2019). Analisis penerapan pembelajaran kimia organik berkonteks isu sosiosaintifik untuk meningkatkan literasi sains mahasiswa IPA. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 02(01), 45–50.

Hayudinna, H. G. (2018). Penyelenggarraan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di sekolah dasar. Jurnal Madaniyah, 8(2).

Iswari, D. R. (2017). Evaluasi penerapan program adiwiyata untuk membentuk perilaku peduli lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 36–37. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat sosial media youtube sebagai media pembelajaran bahasa indonesia di perguruan tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356

Kinskey, M., & Zeidler, D. (2021). Elementary preservice teachers’ challenges in designing and implementing socioscientific issues-based lessons. Journal of Science Teacher Education, 32(3).

Kristin, N., Astuti, A. P., & Wulandari, V. D. R. A. (2019). Analisis kesulitan belajar kimia materi hidrokarbon (study kasus SMA Negeri di Semarang). Seminar Nasional Edusainstek, 348–356.

Kurniawan, E., & Nasrun. (2017). Karakterisasi bahan bakar dari sampah plastik jenis high density polyethelene (HDPE) dan low density polyethelene (LDPE). Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 3(2), 41–52.

Li, Y., & Guo, M. (2021). Scientific literacy in communicating science and socio-scientific issues: Prospects and challenges. Frontiers in Psychology.

Lin, S. S., & Mintzes, J. J. (2010). Learning argumentation skills through instruction in socioscientific issues: The effect of ability level. International Journal of Science and Mathematics Education, 8(6), 993–1017. https://doi.org/10.1007/s10763-010-9215-6

Muhariyansah, J., Rahmawati, A., Fibonacci, A., & Naqsyahbandi, F. (2021). Exploring scientific literacy of chemistry education pre-service teachers through socio-scientific issues approach. Jurnal Tadris Kimiya, 6(2).

https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jtk.v6i2.15145

Nasibulina, A. (2015). Education for sustainable development and environmental ethics. Procedia Social and Behavioral Science, Science Direct, 214. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.708

Patriawan, D. A., Putra, J. H., & Setyono, B. (2021). Analisis perbandingan biaya operasional antara kendaraan listrik, bensin, dan diesel. Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan I, 128–135.

Pölloth, B., Schwarzer, S., & Zipse, H. (2020). Student Individuality Impacts Use and Benefits of an Online Video Library for the Organic Chemistry Laboratory. Journal of Chemical Education, 97(2), 328–337. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.9b00647

Rahayu, S. (2019). Socio-scientific issues (SSI) in chemistry education: Enhancing both students’ chemical literacy & transferable skills. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012008

Rizky, F. K., Laksamana, B., Fajar, M. D. Al, & Aisyah. (2022). Diseminasi hukum penanganan perubahan iklim dan pemanasan global ditinjau berdasarkan perspektif hukum lingkungan internasional di Kelurahan Padang Bulan Selayang I Kecamatan Medan Selayang. Community Development Journal, 3(3), 1401–1411. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7736

Sa’diyah, K., & Juliastuti, S. R. (2015). Pengaruh jumlah katalis zeolit alam pada produk proses pirolisis limbah plastik polipropilen (PP). Jurnal Bahan Alam Terbarukan, 4(2), 40–45. https://doi.org/10.15294/jbat.v4i2.4171

Saija, M., Rahayu, S., Fajaroh, F., & Sumari, S. (2022). Enhancement of High School Students’Scientific Literacy Using Local-Socioscientific Issues in OE3C Instructional Strategies. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1).

Setiawan, A., Tua, D. P., & Husin, M. K. E. H. (2019). Pengaruh konsumsi bahan bakar fosil terhadap produk domestik bruto indonesia dan hubungan timbal balik di antara keduanya. Jurnal Teknologi Mineral Dan Batubara, 15(3), 213–223. https://doi.org/10.30556/jtmb.vol15.no3.2019.931

Setiyana. (2020). Penggunaan plastik sebagai kemasan tetapi kurang pengolahan sehingga menyebabkan bencana bagi kehidupan di Bumi. Kemendikbud.

Setyobudi, F., & Saliman. (2018). Pendidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 3 Kebumen Jawa Tengah. Jipsindo: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 5(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i1.20180

Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Hutapea, F. M., Hutahaean, E., & Alexander, I. J. (2020). Implementasi problem based-learning (PBL) dan pendekatan ilmiah menggunakan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mengajar ikatan kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69–76.

https://doi.org/10.31957/jipi.v8i2.1234

Sukiman. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Pedagogia.

Sulistyono. (2012). Pemanasan global (global warming) dan hubungannya dengan penggunaan bahan bakar fosil. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 02(2), 47– 56.

Tapilatu, J. R., & Kolibongso, D. (2021). Strategi pengelolaan lingkungan laut pada masa pandemi covid 19 oleh divers clean action. Musamus Devotion Journal, 3(2).

Tsaparlis, G., & Zoller, U. (2003). Evaluation of higher vs. lower-order cognitive skills-type examinations in chemistry: Implications for university in-class assessment and examinations. University Chemistry Education, 7(2).

VOA Indonesia. (2020). Aktivis Lingkungan Anjurkan Batasi Konsumsi Plastik Selama Pandemi.

World Health Organization. (2015). Health in 2015: From MDGs to SDGs. WHO Library Cataloguing-in-Publication Data.

Zeidler, D. L., & Nichols, B. H. (2009). Socioscientific issues: Theory and practice. Journal of Elementary Science Education, 21(2), 49–58. https://doi.org/10.1007/bf03173684


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia