Efikasi Diri Calon Guru untuk Mendesain Pembelajaran Kimia Berbasis Konteks Socio-Scientific Issues

Hajidah Salsabila Allissa Fitri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Antuni Wiyarsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kategori awal efikasi diri calon guru untuk mendesain pembelajaran kimia berbasis konteks socio-scientific issues (SSI). Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode penelitian survei dengan sampelnya yaitu 262 calon guru kimia yang sedang melakukan studi di Universitas Negeri Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional design. Hasil data dianalisis menggunakan kategori penilaian ideal dan one way anova. Penelitian menunjukkan bahwa 85% calon guru kimia memiliki efikasi diri sangat tinggi untuk mendesain pembelajaran kimia berbasis konteks SSI, 6% dalam kategori tinggi, 8% dalam kategori sedang, dan 1% memiliki efikasi diri rendah. Tingginya efikasi diri menjadi modal yang baik dan memberikan harapan terwujudnya guru-guru kimia yang profesional untuk mendesain pembelajaran kimia berbasis konteks SSI.

Full Text:

PDF

References


Altan, E. B., Ozturk, N., & Turkoglu, A. Y. (2018). Socio-scientific issues as a context for STEM education: A case study research with pre-service science teachers. European Journal of Educational Research, 7(4), 805–812. https://doi.org/10.12973/eu-jer.7.4.805

Anggorowati, S. (2020). Analisis Minat Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 6 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1), 131–139. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30952

Beavers, A. S., Lounsbury, J. W., & Wichards, J. K. (2013). Practical Considerations for Using Exploratory Factor Analysis in Educational Research. Practical Assessment Research & Evaluation, 18(6), 1-3. https://doi.org/10.1.1.500.174

Erdem, E. (2015). The relationship between self-efficacy and attitudes of chemistry teacher candidates. Problems of Education in The 21st Century, 63, 62–70. Retrieved from http://www.scientiasocialis.lt/pec/node/951

Gavora, P. (2010). Slovak pre-service teacher self-efficacy: theoretical and research considerations, The New Educational Review, 21(2), 17-30

Gebyal. (2015). Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 1 Karangmalang Gebog Kudus. Elementary, 3, 171–195

Gilbert, J. K., Bulte, A. M., & Pilot, A. (2011). Concept development and transfer in context‐based science education. International Journal of Science Education, 33(6), 817-837. https://doi.org/10.1080/09500693. 2010.493185

Hairida. (2017). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Self Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Edusains, 9(1), 54–59. https://doi.org/10.15408/es.v9i1.4000

Indriani, A., Suryadharma, I. B., & Yahmin , Y. (2017). Identifikasi Kesulitan Peserta Didik Dalam Memahami Kesetimbangan Kimia. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(1), 9–13. https://doi.org/10.17977/um026v2i12017p009

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402

Schunk, D., Meece, J., & Pintrich, P. (2014). Motivation in Education Theory, Research, dan Applications (4th ed.). Edinburgh: Pearson

Slovinsky, E., Kapanadze, M., & Bolte, C. (2021). The Effect of a Socio-Scientific Context-Based Science Teaching Program on Motivational Aspects of the Learning Environment. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(8), 1–16. https://doi.org/10.29333/ejmste/11070

Tyas, A. S., Senam, Wiyarsi, A., & Laksono, E. W. (2020). Chemistry teaching self-efficacy: A scale development. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012005

Wiyarsi, A. (2018). Enhancing of Preservice Chemistry Teachers’ Self-Efficacy Through the Preparation of Pedagogical Content Knowledge in Vocational Context. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 14. https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.14-23

Yoon, S. Y., Evans, M. G., & Strobel, J. (2012). Development of the teaching engineering self-efficacy scale (TESS) for K–12 teachers. Proceedings of the ASEE Annual Conference and Exposition, San Antonio, TX. http://dx.doi.org/10.18260/1-2--21224


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia