PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPECIAL’S POP-UP BOOK KIMIA PANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI ANAK TUNARUNGU

Andriani Wulansari, , Indonesia
Susila Kristianingrum, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Special’s Pop up book kimia pangan
sebagai sumber belajar mandiri untuk anak tunarungu di SLB dan mengetahui kualitas dari media
pembelajaran kimia Special’s Pop up book yang telah disusun. Penelitian Research and Development
(R&D) mengadaptasi desain pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan: analyze, design,
development, implementation, dan evaluation.. Instrumen berupa angket penilaian media popup untuk
lima guru, dan angket respon peserta didik terhadap media pop-up. Teknik analisis yang digunakan antara
lain konversi skor menjadi nilai skala lima, menghitung rerata skor, mengubah skor rata-rata, menentukan
nilai produk dan menentukan kualitas Special’s Pop up book. Hasil penelitian ini media pembelajaran
dikembangkan dengan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.,
dan Kualias media pembelajaran yang telah dikembangkan pada aspek materi memperoleh skor rata-rata
27,2 dengan persentase keidealan sebesar 90,67%, pada aspek penyajian memperoleh skor rata-rata 73,8
dengan persentase keidealan sebesar 92,25% dan aspek bahasa dan gambar memperoleh skor rata-rata
sebesar 53,2 dengan persentase keidealan 88,67%. Seluruh aspek termasuk dalam kategori Sangat Baik
(SB).
Kata kunci: Special’s Pop Up Book, media pembelajaran, ADDIE, kualitas media pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i4.13373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia