EFEKTIVITAS PENERAPAN CHEMS GAMES TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Aseri Kusumawati, , Indonesia
Rr Lis Permana Sari, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta
didik yang menggunakan Chems Games dengan peserta didik yang tanpa menggunakan Chems
Games pada kelas XI semester 1 SMA Negeri 5 Yogyakarta, (2) mengetahui perbedaan motivasi
belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Chems Games pada kelas XI
semester I SMA Negeri 5 Yogyakarta, dan (3) mengetahui perbedaan motivasi belajar kimia antara
peserta didik yang menggunakan Chems Games dengan peserta didik yang tanpa menggunakan
Chems Gamespada kelas XI semester I SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam
Quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Metode ini mempunyai
kelas kontrol yang tidak ditentukan secara random/acak. Populasi penelitian ini adalah peserta didik
kelas XI semester 1 SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 177 orang
yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas
eksperimen berjumlah 27 orang dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol berjumlah 29 orang.
Instrumen yang digunakan adalah soal prestasi belajar dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik
yang menggunakan Chems Games berdasarkan hasil uji Anakova 1-jalur. (2) ada perbedaan
motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Chems Games berdasarkan
hasil uji-t sama subjek. (3) ada perbedaan motivasi belajar kimia yang menggunakan Chems Games
berdasarkan hasil uji-t antar kelompok.
Kata kunci: Chems Games, prestasi belajar, dan motivasi belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i1.13355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia