PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP
Marsigit ., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kualitas bahan ajar yang dikembangkan berupa
Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika kelas VII SMP. Ada
tiga aspek kualitas yang diteliti yaitu, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah
jenis penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis etnomatematika
pada materi segitiga berupa LKS. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni analysis (analisis), design (perancangan), development
(pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa bahan ajar ini memiliki nilai kevalidan dengan rata-rata skor 3,52 dari rata-rata skor maksimal 5
dan juga praktis dipakai dengan rata-rata skor 3,83 dari rata-rata skor maksimal 5. Kemudian bahan ajar
ini efektif berdasarkan hasil post test yang menunjukkan rata-rata nilai tes 71,79 dengan presentase
ketuntasan siswa 50% dan hasil angket motivasi siswa kelas VII B SMP Piri Ngaglik yang menunjukkan
rata-rata motivasi siswa 3,49 dari rata-rata maksimal 5.
Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, etnomatematika, segitiga, prestasi belajar, motivasi belajar.
Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika kelas VII SMP. Ada
tiga aspek kualitas yang diteliti yaitu, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah
jenis penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis etnomatematika
pada materi segitiga berupa LKS. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni analysis (analisis), design (perancangan), development
(pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa bahan ajar ini memiliki nilai kevalidan dengan rata-rata skor 3,52 dari rata-rata skor maksimal 5
dan juga praktis dipakai dengan rata-rata skor 3,83 dari rata-rata skor maksimal 5. Kemudian bahan ajar
ini efektif berdasarkan hasil post test yang menunjukkan rata-rata nilai tes 71,79 dengan presentase
ketuntasan siswa 50% dan hasil angket motivasi siswa kelas VII B SMP Piri Ngaglik yang menunjukkan
rata-rata motivasi siswa 3,49 dari rata-rata maksimal 5.
Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, etnomatematika, segitiga, prestasi belajar, motivasi belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i6.7842
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia