PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK SMP KELAS IX
Sugiyono ., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada materi
bangun ruang sisi lengkung untuk SMP kelas IX yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
penilaian kualitas perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan RPP dan LKS, lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan RPP, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan
LKS dan tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan RPP dan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang
dihasilkan valid berdasarkan pada penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru matematika dengan skor rata-rata
sebesar 4,46 untuk RPP dan 4,19 untuk LKS dengan skor maksimum 5,00. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan
praktis berdasarkan pada rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 96,92% dengan kriteria praktis dan skor
rata-rata angket respon siswa sebesar 2,93 dari skor rata-rata maksimal 4,00. Perangkat pembelajaran yang
dihasilkan efektif berdasarkan pada hasil tes evalusi hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar
mencapai 75%.
bangun ruang sisi lengkung untuk SMP kelas IX yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
penilaian kualitas perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan RPP dan LKS, lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan RPP, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan
LKS dan tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan RPP dan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang
dihasilkan valid berdasarkan pada penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru matematika dengan skor rata-rata
sebesar 4,46 untuk RPP dan 4,19 untuk LKS dengan skor maksimum 5,00. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan
praktis berdasarkan pada rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 96,92% dengan kriteria praktis dan skor
rata-rata angket respon siswa sebesar 2,93 dari skor rata-rata maksimal 4,00. Perangkat pembelajaran yang
dihasilkan efektif berdasarkan pada hasil tes evalusi hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar
mencapai 75%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i1.5974
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia