PENGARUH PENGGUNAAN CHATGPT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Rifqi Fausta Dianta, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ilham Rizkianto, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ChatGPT dengan model PBL terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment.  Pengambilan data dalam penelitian ini yaitu di SMA Negeri 2 Banguntapan, D.I. Yogyakarta dengan pelaksanaan penelitian pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2024. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak 2 dari 5 kelas menggunakan aplikasi spin wheel. Adapun kelas X E2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran PBL tanpa bantuan ChatGPT dan kelas X E4 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PBL dengan bantuan ChatGPT. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen pretest dan posttest dengan tipe tes uraian yang telah divalidasi oleh dosen Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis menggunakan uji independent samples t-test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa penggunaan ChatGPT dengan model Problem Based Learning (PBL) tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 2 Banguntapan dibandingkan dengan model PBL tanpa bantuan ChatGPT, dengan nilai t sebesar 0,956<2,000.


Keywords


ChatGPT; hasil belajar matematika; problem based learning; statistika.

References


Badrulaini, B. (2018). Hubungan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 847-855.

Farida, N. (2014). Pengaruh sikap kreatif terhadap prestasi belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).

Febrieta, D., Rahmawati, A. D., & Adzani, T. A. (2023). Analysis Of Student Well-Being In High School Students And College Students. Proceeding The 2 Nd International Seminar of Multicultural Psychology (ISMP 2 Nd ) , 2(1), 20–29. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/ISMP/article/view/9407.

Kasneci, E., Seßler, K., Küchemann, S., Bannert, M., Dementieva, D., Fischer, F., & Kasneci, G. (2023). ChatGPT for good? On opportunities and challenges of large language models for education. Learning and Individual Differences, 103, 102274.

Maulida, R., & Puspitasari, T. (2024). Evaluasi Efektivitas ChatGPT Sebagai Sumber Belajar Tambahan dalam Pembelajaran Statistik. Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 10-13.

Moşteanu, N. R. (2021). Teaching and learning techniques for the online environment. how to maintain students’ attention and achieve learning outcomes in a virtual environment using new technology. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 4(4), 278-290.

Prasekti, E. D., & Marsigit, M. (2017). Perbandingan keefektifan metode problem- based learning dan project-based learning pada pembelajaran statistika SMA. Pythagoras, 12(2), 161-173.

Raudenbush, S., & Liu, X. (2001). Effects of study duration, frequency of observation, and sample size on power in studies of group differences in polynomial change. Psychological methods, 6 4, 387-401. https://doi.org/10.1037/1082-989X.6.4.387.

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114-121.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vitasari, R. (2013). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui model problem based learning siswa kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(3).

Wardat, Y., Tashtoush, M. A., AlAli, R., & Jarrah, A. M. (2023). ChatGPT: A revolutionary tool for teaching and learning mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(7).

Waritsman, A. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1).

Wilda, W., Salwah, S., & Ekawati, S. (2017). Pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Wondo, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap prestasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 109-118.

Wulandari, N., & Damris, M. (2011). Pengaruh problem based learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Tekno-Pedagogi, 1(1).

Yilmaz, R., & Yilmaz, F. G. K. (2023). The effect of generative artificial intelligence (AI)-based tool use on students' computational thinking skills, programming self-efficacy and motivation. Computers and Education: Artificial Intelligence, 100147.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v11i2.22104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia


View My Stats