PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SMK KELAS X

Umar Fawzy El Mubarok, , Indonesia
Ilham Rizkianto, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk :  (1) menghasilkan  suatu bahan ajar berupa e-modul  berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan aplikasi web Heyzine Flipbook, (2)  mengetahui kelayakan bahan ajar berupa e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi barisan dan deret aritmetika dengan aplikasi web Heyzine Flipbook dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan , dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMKN 1 Slawi dengan subjek penelitian adalah kelas X AKL 4 yang berjumlah 36 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain: e-modul, modul ajar, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli, angket respon peserta didik, dan tes uji kompetensi untuk menguji keefektifan e-modul. Hasil Penelitian ini memenuhi aspek: (1) kevalidan ditinjau dari hasil validasi ahli materi diperoleh skor 78,53 dengan  = 4,91 dan ahli media dengan skor 33 dengan  = 4,74 pada kategori sangat baik, (2) kepraktisan ditinjau dari hasil angket respon peserta didik dengan skor 14,27 dengan   = 4,76 pada kategori sangat baik, (3) keefektifan ditinjau dari uji T-Test menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan e-modul prestasi belajar meningkat secara signifikan dari nilai pembanding, hasil uji persentase ketuntasan belajar meningkat mencapai 86,11%. Oleh karena itu, e-modul layak untuk digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


e-modul, barisan dan deret aritmetika, Problem Based Learning (PBL), web Heyzine Flipbook



DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v11i2.21750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia


View My Stats