PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Muhamad Fahmi Ashshidiqi, Universitas Negeri Yogyakarta
Endah Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) perbedaan signifikan keefektifan model pembelajaran guided discovery dan model konvensional ditinjau dari kemampuan penyelesaian masalah, 2) perbedaan signifikan keefektifan model pembelajaran guided discovery dan model konvensional ditinjau dari kepercayaan diri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah di Depok dan sampel yang terpilih adalah dua kelas yang sudah ada, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh t(60) = 1,462 dan p = 0,149, maka tidak terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa diterapkan pembelajaran guided discovery dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh t(60) = -1,133 dan p = 0,262 > 0,05, maka tidak terdapat perbedaan signifikan antara kepercayaan diri siswa setelah diterapkan pembelajaran guided discovery dan pembelajaran konvensional. Penelitin ini menyimpulkan bahwa guidence dalam guided discovery dalam pembelajaran setara dengan pembelajaran konvensional.


Keywords


penyelesaian masalah; kepercayaan diri; guided discovery

Full Text:

PDF

References


Agus, I. (2019). Efektivitas Guided Discovery Menggunakan Pendekatan Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi, dan Self-Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2) 120-132.

Baharuddin & Wahyuni, E. N. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiningsih, C & Asri. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta .

Dahar, R.W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Ghufron, M N. (2012). Teori- Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hariyanti, F., & Wutsqa, D. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika dan Peluang Untuk Mengembangkan Statistical Literacy Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 46-58

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Karatas, I., & Baki, A. (2017). The Effect Of Learning Environments Based On Problem Solving On Students’ Achievements Of Problem Solving. International Electronic Journal of Elementary Education, 5(3), 249–268.

Khomsiatun S. & Retnawati H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1) , 92 - 106

Lauster, P. (2012). Tes Kepribadian. Jakarta : Bumi Aksara.

Lester & Frank K. J. (2013), Thoughts About Research On Mathematical Problem- Solving Instruction, The Mathematics Enthusiast: 10(1) , 12.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mastuti & Aswi. (2008). 50 Kiat Percaya Diri. Jakarta : PT. Buku Kita.

National Council of Teacher of Mathematics .(2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA : NCTM

Pertiwi, S. G., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pembelajaran Hubungan Antar Sudut Menggunakan Model Pembelajaran guided inquiry. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 137–1

Posamentier, S.A & Krulik. (2009). Problem Solving in Mathematics Grades 3-6. California: United States of America.

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rochani, S. (2016). Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Dan Penemuan Terbimbing Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitif Kemampuan Berpikir kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 273-283

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Santrock, J.W. (2011). Educational Psychology. New York: McGraw Hill.

Sejati, E. O. W., & Widjajanti, D. B. (2019). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pendekatan Penemuan Terbimbing Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 150-162.

Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Adiatama.

Suhardita, K.(2011). Efektifitas Penggunaan Permainn dalam Bimbingan

Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Bandung: UPI

Suparsih, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 214-224.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sutrisno, D., & Retnawati, H. (2015). Komparasi Pendekatan Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dengan Two Stay Two Stray. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 15-27.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Progesif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ulfah, M. (2016). Keefektifan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dengan Budaya Lokal Ditinjau Dari Prestasi dan Motivasi Belajar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 149-159.

Wijayanti, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Dan Peluang Dengan Metode Penemuan Terbimbing Berorientasi Kurikulum 2013 Untuk Siswa Kelas X. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 23-33




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i2.19572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia