Analisis kesalahan peserta didik SMP dalam menyelesaikan soal numerasi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan pendekatan Newman

Suci Pawening Gati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ariyadi Wijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi SPLDV dan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi SPLDV dari tiga sekolah dengan level yang berbeda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini 96 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan, SMP Negeri 1 Manisrenggo, dan SMP Negeri 2 Prambanan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis, dengan instrument tes yang terdiri dari 4 butir soal numerasi SPLDV yang berbentuk uraian. Analisis data yang dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Jenis kesalahan pada penelitian ini dianalisis dengan pendekatan Newman, yakni 1) kesalahan memahami, 2) Kesalahan transformasi, 3) Kesalahan keterampilan proses, dan 4) Kesalahan penafsiran. Jenis kesalahan umum yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal numerasi SPLDV adalah kesalahan keterampilan proses sebesar 41% dari seluruh data jawaban salah. Untuk jenis kesalahan lain yang dilakukan peserta didik pada tahap pemahaman ditemukan sebesar 18%, transformasi sebesar 22%, penafsiran sebesar 22% dari seluruh data jawaban salah. Dari tiga sekolah dengan level yang berbeda, terdapat pola jenis kesalahan yang sama. Ketiga sekolah tersebut, ditemukan bahwa jenis kesalahan paling umum  yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi SPLDV adalah kesalahan pada tahap keterampilan proses.

 

Kata kunci : Analisis, kesalahan, numerasi, SPLDV, Newman


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students’ errors in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) problems for the topic of fraction. Asian Social Science, 11(21), 133–142. https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p133

Gufron, A. M., Basir, M. A., & Aminudin, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Tes Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Newman’s Analysis Eror. Prociding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2, 2(Sendiksa 2), 99–107.

Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The difficulties of high school students in solving higher-order thinking skills problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520–532. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.520

Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses pada 6 Mei 2020; dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id

OECD. PISA. (2012). Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Revised edition, February 2014). Paris: OECD Publishing. 2014.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. diakses pada tanggal 12 Februari 2022 di. https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/

Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: An analysis of students’ errors. Mathematics Enthusiast, 11(3), 555–584. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1317




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i2.18693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia