Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik smp kelas VII pada pembelajaran daring
Endang Listiyani, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VII SMP pada pembelajaran daring, serta untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran daring dapat mendukung mengembangkan kemampuan berfikir kreatif pada peserta didik ditinjau dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VII. Data diperoleh melalui tes dan wawancara yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian diperoleh dari 32 peserta didik terdapat 1 peserta didik atau sebanyak 3,125% termasuk kategori tingkat 4 (sangat kreatif), 3 peserta didik atau sebanyak 9,375% termasuk kategori tingkat 3 (kreatif), 13 peserta didik atau 40,625% termasuk termasuk kategori tingkat 2 (cukup kreatif), 6 peserta didik atau 18,75% termasuk kategori tingkat 1 (kurang kreatif), 9 peserta didik atau 28,125% termasuk kategori tingkat 0 (tidak kreatif). Pembelajaran daring dapat dikatakan belum mendukung mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis.
References
Terimakasih kepada koor Prodi Pendidikan Maatematika dan seluruh Dosen Pendidikan Matematika yang telah memberikan ilmu hingga terselesainya artikel ini.
DAFTAR PUSTAKA
Afghani, D. R. (2021). Kreativitas Pembelajaran Daring Untuk Pelajar Sekolah Menengah Dalam Pandemi Covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education, 3(3), 70–75. https://doi.org/10.20961/joive.v3i3.43057
Alfiani, E. Y. P. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. 53(9), 1689–1699.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak Publisher.
Fitrian, R., & Dewi, R. (2021). Ragam Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Daring. In S. W. Priwantoro, F. Setyawan, U. khasanah, & D. Astuti, Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Matematika) (pp. 118-128). Yogyakarta: UAD Press. Yang diakses pada tanggal 12 Februari 2020 dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=m2E1EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA118&dq=dampak+pembelajaran+daring+terhadap+kreativitas+&ots=hUlSpva2Ao&sig=9YuyAQ2cm7eqE1NdP3hfC45O-6w&redir_esc=y#v=onepage&q=dampak%20pembelajaran%20daring%20terhadap%20kreativitas&f=false
Kominfo (2020). “Status Literasi Digital Indonesia Survei di 34 Propinsi November 2020.” yang diakses pada tanggal 15 Januari 2022 dari https://aptika.kominfo.go.id/wp-content/uploads/2020/11/Survei-Literasi-Digital-Indonesia-2020.pdf
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2020). “Survei Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Sistem Penilaian Jarak Jauh Berbasis Pengaduan KPAI.”
Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 37–47.
Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 37–47.
Nursobah, A., Dedih, U., Hafid, & Nurhamzah. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Penguatan Literasi Informasi dalam Budaya Akademik Mahasiswa. UIN Sunan Gunung Djati, 1–8.
Panjaitan, A. H., & Surya, E. (2017). Creative Thinking (Berpikir Kreatif) Dalam Pembelajaran. December, 5–8.
Payadnya, A. A. P. I., Noviyanti, P. L., & Wibawa, K. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Statistika I selama Pandemi COVID-19. IX, 288–296.
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016
Ramdani, M., & Apriansyah, D. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MTs PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.46
Rohmadani, A. I. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Cara Berpikir Dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus di Yogyakarta. Edification Journal, 3(1), 125–134. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.224
Siswono, T.Y.E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press
Supardi.U.S. “Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses.” 2(3): 248–62.
Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003
Utami, Y. P., Alan, D., & Cahyono, D. (2020). Studi at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pemjbelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/252/84
DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i1.18554
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pedagogi Matematika
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia