EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP
Ali Mahmudi, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem-Solving dan pendekatan saintifik pada materi segiempat dan segitiga ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa Jenis penelitian yaitu eksperimen semu dengan desain pretest-posttest Control Group. Populasi penelitian ini siswa kelas VII salah satu SMP di Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian kelas VII D (eksperimen) dan kelas VII E (kontrol). Instrumen penelitian adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket kepercayaan diri siswa yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran Creative Problem-Solving pada materi segiempat dan segitiga efektif sedangkan pendekatan saintifik tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa.
Kata Kunci: creative problem solving, saintifik, kemampuan berpikir kreatif matematis, kepercayaan diri siswa, segiempat dan segitiga
Full Text:
PDFReferences
Adhiatama, F., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Creative Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif dan Self Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(5), 344–355.
Amalia, N. R., Fajriah, N., & Sari, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Menggunakan Permasalahan Open-Ended. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 177–186. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7378
Amelia, R., Aripin, U., & Hidayani, N. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36
Anita, Anggo, M., & Arapu, L. (2015). Pengaruh Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Viii Smp Negeri 9 Kendari Dalam Pembelajaran Matematika. Pendidikan Matematika, 3(2), 27–40.
Arofah, A. J., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Smp Kelas Ix Dalam. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 328–335.
Creative Education Foundation. (2014). Creative Problem Solving Resource Guide.
Depdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ekawati, S., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga. Prosiding Sesiomadika, 2(2), 405–414.
Fadillah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.1-8
Fardani, Z., Surya, E., & Mulyono, M. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39–51. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.24809
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities ( MEA ). PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 239–247.
Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis Dengan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity Journal, 1(1), 90–103. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.9
Hosnan, M., & Sikumbang, R. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 : Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Imro’atun, S. (2017). Keefektifan Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 50–57. https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p050
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016.
Mandini, G. W., & Hartono, H. (2018). Analisis kemampuan menyelesaikan soal HOTS model TIMSS dan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 148–157. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21234
Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025
Mitchell, W. E., & Kowalik, T. F. (1999). Creative Problem Solving. NUCEA: Genigraphict Inc.
National Education Association. (2010). Preparing 21st century students for a global society: An educators guide to the “Four Cs.” https://thinkcreatesharegrow.weebly.com/guide-to-the-4cs---nea.html
Nuraeni, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Siswa MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 975–982. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p975-983
Pepkin, K. L. (2003). Creative Problem Solving in Math. https://doi.org/10.5951/tcm.2.2.0096
Rahman, A. F., & Maslianti. (2015). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.631
Rahman, M. M. (2013). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 374–388. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i2.4241
Rosyanti, A., Rohaendi, A., & Zanthy, Sylviana, L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematik Serta Kepercayaan Diri Siswa SMP Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Journal On Education, 1(3), 182–190.
Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI). Al-Bidayah, 4(1), 37–48.
Sari, E. P., & Karyati, K. (2020). Keefektifan model pembelajaran CORE ditinjau dari kemampuan koneksi matematis, representasi matematis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 227–240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.35487
Sariningsih, R., & Kadarisma, G. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Etnomatematika. P2M STKIP Siliwangi, 3(1), 53–56. https://doi.org/10.22460/p2m.v3i1p53-56.478
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Steiner, G. (2009). The Concept of Open Creativity: Collaborative Creative Problem Solving for Innovation Generation a Systems Approach. Journal of Business and Management, 15(1), 5–33.
Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v9i3.18322
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia