Pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa kelas VII di SMP

Hasna Elfreda Sani, Yogyakarta State University, Indonesia
Ilham Rizkianto, Yogyakarta State University, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa, serta untuk mengetahui apakah model pembelajaran MMP lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa kelas VII di SMP Ma’arif Gamping.  Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP yang terdiri dari dua kelas, kemudian secara acak didapatkan kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah, angket keaktifan siswa, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Statistik uji dilakukan dengan menggunakan uji Hotteling’s Trace. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) efektif secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa kelas VII di SMP, 2) model pembelajaran konvensional tidak efektif secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa kelas VII di SMP, dan 3) ada perbedaan yang signifikan secara simultan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa antara model MMP dengan model konvensional.


Full Text:

XML

References


Azizah, I. N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Kendari. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9280

Bellanca, J. (2011). 200+ strategi dan proyek pembelajaran aktif untuk melibatkan kecerdasan siswa (Ed. 2). Jakarta: Indeks.

Diaz, F., & Rezi, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pekanbaru. Aksiomatik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 8 No. 3, 41.

Dimjati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadilah, N., & Surya, E. (2018). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Eliciting Activities dan Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 38 Medan. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8792

Good, T. L., & Grouws, D. A. (1979). The Missouri Mathematics Effectiveness Project: An experimental study in fourth-grade classrooms. Journal of Educational Psychology, 71(3), 355–362. https://doi.org/10.1037/0022-0663.71.3.355

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.58 Th. 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Perrtama/Madrasah Tsanawiyah.

Krismanto, M. S. (2003). Beberapa Teknik, Model,dan Strategi dalam. Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.

Mansyur, M., & Khaerani, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Equals, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.560

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (1 ed.). Mataram: CV IRDH.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Pengembangan kurikulum : Teori dan praktek (Cet. 13). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pane, N. A. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas VII-1 SMP Negeri 27 Medan. Universitas Negeri Medan. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Pasaribu, F. T. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Penerapan Teori Vygotsky Pada Materi Geometri Di Smp Negeri 3 Padang Sidimpuan. Edumatica, 03(1), 11–18.

Rahmiati, R., & Fahrurrozi, F. (2016). Pengaruh Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3634.75-86

Rohani, A. (2004). Pengelolaan pengajaran dikelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Siahaan, Y. S., & Edy Surya. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp It Nurul Fadhila Percut Sei Tuan. Prima: Jurnal Pendidikan MatematikaJurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.461




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i3.18138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia