Efektivitas Model Pembelajaran MURDER terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA

Abida Rafika Zahidah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Endang Listyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Proses pembelajaran yang terencana dan berjalan dengan baik akan memudahkan dan membantu siswa untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat diraih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan model pembelajaran MURDER dan model pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA serta perbandingan efektivitas dari model pembelajaran MURDER dengan model pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis data dilakukan dengan analisis per indikator, uji efektifitas model pembelajaran MURDER dengan uji gain, dan uji perbandingan keefektifan model pembelajaran dengan uji-t separated varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran dengan model pembelajaran MURDER efektif terhadap pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritits matematis siswa SMA, (2) Pembelajaran dengan model pembelajaran ekspositori tidak efektif terhadap pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritits matematis siswa SMA, dan (3) Pembelajaran dengan model pembelajaran MURDER terhadap pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA lebih efektif daripada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori.

Keywords


MURDER; pemahaman konsep matematika; kemampuan berpikir kritis matematis.

References


Dea, M.A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Motovasi Siswa. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

John, R.H. (1981). The Complete Problem Solver. Amerika: The Franklin Institute.

Masitoh & Sufyani. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis

Matematis Siswa kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksploratif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Musawwir, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Sudarman, D. (2013). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Sumarno, U. (2010). Berpikir dan disposisi matematika: apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik.

Suryobroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Cakrawala.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i2.18106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia