EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CTL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran CTL berbasis pemecahan masalah Model Polya serta perbedaan keefektifan pembelajaran CTL dan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada materi segiempat dan segitiga. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan randomized two-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates dan sampel dipilih dua kelas secara acak yaitu kelas VII B (eksperimen) dan VII D (kontrol). Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemecahan masalah sebelum dan setelah pemberian perlakuan. Pengujian keefektifan menggunakan uji one sample t-test. Untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif digunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan (1)pembelajaran CTL efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah; (2)pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah; dan (3)pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih efektif daripada pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata kelas CTL adalah 84,25 dan kelas saintifik adalah 73,25.
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), model Polya, kemampuan pemecahan masalah, SMP Negeri 4 Wates, segiempat dan segitiga.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i1.10697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia