EVALUASI PROGRAM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) FISIKA SMA DI KABUPATEN SLEMAN
Samsul Hadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMA di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan mixed method. Model evaluasi yang digunakan adalah model Countenance Stake Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumen. Instrumen kuesioner divalidasi dengan uji validitas isi dan validitas konstruk menggunakan expert judgment, analisis korelasi item-total dan analisis faktor konfirmatori. Penentuan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komponen antecedent yang mendukung pelaksanaan kegiatan MGMP Fisika dalam kategori baik, (2) komponen transaction program MGMP Fisika dalam kategori baik, (3) komponen outcome program MGMP Fisika dalam kategori baik, (4) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara variabel antecedent tehadap variabel transaction dengan kontribusi sebesar 33%, (5) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara variabel antecedent terhadap variabel outcome dengan kontribusi sebesar 49%, (6) variabel transaction memiliki pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap variabel outcome dengan kontribusi sebesar 2,56%, dan (7) pengaruh tidak langsung variabel antecedent terhadap variabel outcome melalui variabel transaction sebesar 0,09.
Keywords
evaluasi program; musyawarah guru mata pelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2443-1958
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats