EVALUASI MANAJEMEN LABORATORIUM KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA YOGYAKARTA

Khaeran Nur Fannani, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPs UNY, Indonesia
Badrun Kartowagiran, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimanakah manajemen laboratorium kimia di SMA Kota Yogyakarta, serta faktor yang mendukung dan menghambat keefektifan manajemen laboratorium kimia. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, dengan menggunakan model evaluasi discrepancy. Penelitian dilakukan pada 8 laboratorium kimia SMA di Kota Yogyakarta. Subjek penelitian terdiri dari 8 kepala sekolah, 8 guru, 6 laboran, dan 255 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan: (1) manajemen laboratorium kimia pada 8 sekolah yang diteliti efektif dengan komponen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan berada pada kategori efektif; (2) faktor yang mendukung manajemen laboratorium kimia adalah komponen pelaksanaan. Faktor yang menghambat adalah kurangnya fasilitas pendukung laboratorium, kurangnya tenaga laboran, dan kurang lengkapnya administrasi laboratorium; serta (3) faktor yang berpengaruh terhadap keefektifan manajemen labratorium kimia menurut persepsi peserta didik adalah pelaksanaan sebesar 16,1%, pengawasan sebesar 5%, perencanaan sebesar 3,8%.

Keywords


keefektifan manajemen laboratorium kimia; perencanaan; pengorganisasian; pelaksanaanl; pengawasan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats