PENGEMBANGAN PERANGKAT TES TRY OUT UN SMP BIDANG STUDI MATEMATIKA UNTUK PEMBENTUKAN BANK SOAL

Fieka Nurul Arifa, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPs UNY, Indonesia
Djemari Mardapi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan butir soal, mengetahui karakteristik dan melakukan penyetaraan butir soal pada perangkat soal Try Out UN SMP Bidang Studi Matematika untuk pembentukan bank soal. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural. Sampel sebanyak 1.140 respons peserta didik diperoleh melalui stratified propotional random sampling. Perangkat tes yang diujikan meliputi 4 paket soal yang setiap paketnya berisi 40 butir soal dengan 8 butir anchor. Analisis butir soal dilakukan melalui analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif didasarkan pada kesesuaian butir soal dengan lembar telaah berdasarkan kriteria materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif menggunakan Teori Respons Butir dengan bantuan program BILOG-MG 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 107 butir soal memiliki karakteristik baik terdiri dari 26 butir soal P1, 25 butir soal P2, 24 butir soal P3, 24 butir soal P4, dan 8 butir soal anchor.

Keywords


bank soal; karakteristik butir soal; penyetaraan butir soal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats