KOMPARASI METODE PENYETARAAN VERTIKAL PADA SKOR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 TIDORE KEPULAUAN
Heri Retnawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui karakteristik butir soal hasil analisis menggunakan teori tes klasik, (2) mengetahui karakteristik butir soal hasil analisis menggunakan teori respon butir model satu parameter (ModelMarginal Maximum Likelihood), (3) membandingkan hasil analisis butir soal menggunakan teori tes klasik dan teori respon butir, (4) mengetahui kemampuan peserta ujian, dan (5) mengetahui persamaan penyetaraan perangkat tes prestasi belajar Matematika antara kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan. Penelitian ini dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah 606 siswa SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan. Estimasi parameter berdasarkan model logistik 1 dan 3 parameter dan menggunakan program BILOG 3.00. Data diolah menggunakan pendekatan teori tes klasik (Microcat iteman) dan teori tes modern.Hasil penelitian sudah cukup baik kualitasnya. Berdasarkan tes klasik perangkat tes kelas VII, VIII dan IX sejumlah 29, 27 dan 30 butir, tes modern perangkat tes VII, VIII dan IX sejumlah 28, 27, dan 24 butir. Penyetaraan perangkat tes butir soal dari kelas VII ke kelas VIII adalah Q* = 1,084X- 0,221, dari kelas VIII ke kelas IX adalah R* = 0,922X+2,965 dan dari kelas VII ke IX adalah R’* = 0,998 X + 2,775. Rata-rata kemampuan peserta ujian kelas masih rendah berkisar 0,265 sampai 0,58.Berdasarkan analisis tes menggunakan dua pendekatan yaitu tes klasik dan tes modern menunjukkan pada ketiga kelas yang diamati terjadi perbedaan persentase validitas butir yang baik.
Keywords
penyetaraan vertikal; tes prestasi belajar; matematika; bank soal
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2443-1958
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats