EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP NEGERI KELAS VII DI KABUPATEN SLEMAN

Mizan Abrory, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Badrun Kartowagiran, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPS UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas perencanaan pembelajaran matematika SMP di Kabupaten Sleman dalam implementasi kurikulum 2013, (2) mengetahui kualitas pelaksanaan pembelajaran matematika dalam implementasi kurikulum 2013, dan (3) mengetahui kualitas pelaksanaan penilaian hasil belajar matematika dalam implementasi kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan (discrepancy model). Hasil evaluasi implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika SMP Negeri kelas VII di Kabupaten Sleman menunjukkan bahwa: (1) kualitas perencanaan pembelajaran matematika SMP Negeri kelas VII di Kabupaten Sleman dalam implementasi kurikulum 2013 termasuk ketegori baik karena kualitas silabus dan RPP termasuk kategori baik, (2) kualitas pelaksanaan pembelajaran matematika SMP Negeri kelas VII di Kabupaten Sleman dalam implementasi kurikulum 2013 termasuk ketegori kurang baik karena kualitas komponen pendahuluan, komponen inti, dan komponen penutup termasuk kategori kurang baik, (3) kualitas penilaian pembelajaran matematika SMP Negeri kelas VII di Kabupaten Sleman dalam implementasi kurikulum 2013 termasuk ketegori kurang baik karena kualitas kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan termasuk kategori kurang baik.

Keywords


evaluasi; kurikulum 2013; pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats