EVALUASI PROGRAM PERCEPATAN BERBICARA BAHASA NGGRIS DI IKIP PGRI PONTIANAK

Dedi Irwan, IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
Djemari Mardapi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya discrepancy antara criteria standar program Akselerasi kemampuan berbicara Bahasa Inggris terhadap penerapannya di lapangan. Jenis penelitian ini adalah evaluasi program dengan menggunakan model kesenjangan Provus. Objek penelitian ini adalah setiap stakeholder yang terlibat dalam program seperti penanggung jawab program, staf, dosen dan peserta program. Penginvestigasian kesenjangan penerapan program diantaranya dilakukan dengan menginvestiagsi Kesenjangan pada aspek input program, aspek proses program dan aspek output program. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang di kuatkan dengan analisis quantitative. Hasil penelitian ini adalah berupa kriteria standar program dan nilai kesenjangan yang terjadi pada penerapan kriteria standar input, proses dan output program. Penerapan pada input program adalah sebesar 81.33%, pada proses program adalah 84.77% serta pada output jangka panjang sebesar 85%. Sedangkan untuk output jangka pendek ditemukan peningkatan kemampuan penguasaan kosa kata sebanyak 22.28%, peningkatan pada akurasi berbicara sebesar 31.37%, peningkatan pada pengucapan sebesar 29.9%. Disamping itu ditemukan juga penurunan jumlah kata yang diucapkan dalam setiap detik dari 2,095 kata pada pretest menjadi 1,939 kata pada posttest.

Keywords


evaluasi program; pendekatan kesenjangan provus; akselerasi kemampuan berbicara bahasa inggris

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats