EVALUASI BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SMA/SMK BERBASIS KURIKULUM 2013

Atfalul Anam, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPs UNY
Pujiati Suyata, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kualitas buku teks pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (BTPBSI) SMA/SMK berbasis Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan mixed method. Model evaluasi yang digunakan adalah Model Evaluasi Kesenjangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian buku teks pelajaran, lembar catatan penilaian buku, pedoman wawancara, dan cloze test. Validitas instrumen dilakukan dengan metode Expert Judgement. Reliabilitas instrumen dilakukan dengan metode interater. Analisis data penelitian dilakukan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat kekurangan aspek isi terkait materi yang kurang kontekstual dengan pembelajaran SMK, konsep tentang jenis teks yang Bahasa Inggris, dan penjabarannya; (2) kekurangan pada aspek penyajian terkait sistematika yang kurang scientific dan rangkuman, serta ketidaksesuaian antara materi dengan silabus; (3) aspek kebahasaan memiliki kekurangan pada kalimat yang kompleks dan panjang, serta kata yang tidak biasa digunakan; (4) Keterbacaan teks BTPBSI SMA/SMK berbasis Kurikulum 2013 menunjukkan buku tersebut dapat dibaca siswa.

Keywords


evaluasi; buku teks pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia; Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats