EVALUASI KINERJA PENGAWAS SEKOLAH DALAM MELAKUKAN SUPERVISI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SD DI KOTA TIDORE KEPULAUAN

Julkarnain Syawal, STAIN Ternate, Indonesia
Badrun Kartowagiran, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak Evaluasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja pengawas Sekolah Dasar di Kota Tidore Kepulauan dalam melakukan: (1) penyusunan program pengawasan, (2) pelaksanaan program pengawasan, (3) evaluasi hasil pelaksanaan pengawasan, (4) pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah, dan evaluasi kendala pelaksanaan supervisi di sekolah. Subjek evaluasi sebanyak 16 orang pengawas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan model evaluasi Discrepancy Eavaluation Model. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: (1) penyusunan program pengawasan memperoleh skor nilai 76,5 atau berprestasi baik, (2) pelaksanaan program pengawasan memperoleh skor nilai 95 atau berprestasi amat baik, (3) pelaksanaan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan memperoleh skor nilai 55 atau berprestasi sedang, (4) pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah berprestasi cukup, dengan skor nilai 62,5. Hasil evaluasi juga menunjukan kendala yang dihadapi pengawas antara lain: (a) minimnya pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi oleh pengawas, (b) kondisi geografis di wilayah Kota Tidore Kepulauan serta belum memadainya sarana dan prasarana umum, (c) minimnya sarana prasarana pendukung yang diberikan kepada pengawas, serta ketidakjujuran dan kurangnya penyampaian informasi oleh guru maupun kepala sekolah kepada pengawas sekolah saat pengawasan berlangsung.

Keywords


Evaluasi kinerja pengawas; pengawas Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats