EVALUASI IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN PADA PEMBELAJARAN BATIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ismiyatun Ismiyatun, P4TK Seni dan Budaya Sleman, Indonesia
Samsul Hadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas implementasi standar penilaian pendidikan pada pembelajaran batik sekolah menengah kejuruan (SMK) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), khususnya tentang: (1) prinsip penilaian, (2) teknik dan instrumen penilaian, (3) mekanisme dan prosedur penilaian, (4) penilaian yang dilakukan oleh pendidik, (5) penilaian yang dilakukan oleh satuan pendidikan, dan (6) penilaian yang dilakukan oleh pemerintah. Populasi dalam penelitian ini adalah lima SMK yang mengajarkan batik, yaitu: SMK Negeri 2 Sewon, SMK Negeri 5 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 2 Lendah, SMK Negeri 1 Kalasan, dan SMK Negeri 1 Kokap. Sumber data berasal dari kepala sekolah, guru yang mengajar batik, dan siswa kelas XI yang belajar batik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan dengan metode angket, dokumentasi, dan observasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) implementasi komponen prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran batik SMK di DIY hasilnya adalah baik; (2) komponen teknik dan instrumen penilaian hasilnya adalah baik; (3) komponen mekanisme dan prosedur penilaian hasilnya juga baik; (4) komponen penilaian oleh pendidik hasilnya baik; (5) komponen penilaian oleh satuan pendidikan hasilnya adalah sangat baik, (6) komponen penilaian oleh pemerintah hasilnya baik. Keseluruhan hasil evaluasi implementasi standar penilaian pada pembelajaran batik SMK di DIY adalah baik.

Keywords


implementasi standar penilaian; pembelajaran batik; sekolah menengah kejuruan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats