KONTRIBUSI PERANGKAT PENGAJARAN, MOTIVASI BELAJAR, PELATIHAN KTSP TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PPKn SMAN KOTA AMBON

Agustinus Soumokil, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
Zamroni Zamroni, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi perangkat pengajaran, guru memotivasi belajar siswa, pelatihan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) terhadap proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran di SMA negeri Kota Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah 52 orang guru Mata Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan SMA negeri Kota Ambon. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, observasi dan wawancara. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dari para guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut. (1)Kontribusi perangkat pengajaran terhadap proses pembelajaran 11,4%. (2) Kontribusi guru memotivasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran 29,8%. (3) Kontribusi pelatihan KTSP terhadap proses pembelajaran 3,09%. Yang memberikan kontribusi paling besar yaitu guru memotivasi belajar siswa (29,8%) dan kontribusi yang paling kecil yaitu pelatihan KTSP (3,09%).

Keywords


perangkat pengajaran; guru memotivasi belaja siswar; pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP); proses pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats