EVALUASI PENYELENGGARAAN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SMA NEGERI 5 MATARAM
Wahyul Firman,
Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPs UNY, Indonesia Heri Retnawati,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di SMA Negeri 5 Mataram, Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi program dengan pendekatan model evaluasi Discrepancy (kesenjangan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat ketercapaian RSBI di SMA Negeri 5 Mataram di lihat dari delapan standar RSBI sampai saat ini baru mencapai 75%, dengan tingkat ketercapaian pada standar pengelolaan 90%, standar isi 63%, standar kompetensi lulusan 51%, standar proses 84%, standar penilaian 86%, standar pendidik dan kependidikan 78%, standar sarana prasarana 82% dan standar pembiayaan 63%, hal itu menunjukkan terjadi kesenjangan pada penyelenggaraan RSBI, (2) hambatan yang dihadapi adalah masih terkendala rendahnya SDM sekolah untuk hubungan internasional human relation, (3) strategi pencapaian standar RSBI yaitu, seluruh aktivitas pendidikan mengacu pada visi-misi, peningkatan manajemen mutu pengelolaan sekolah, peningkatan manajemen mutu pembelajaran.