EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PAKET C DI PKBM AL- MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL

Puteri Rosiati Rakhma Dianti, Yayasan Al-Muthi’in, Indonesia
Sumarno Sumarno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan prosedur pelaksanaan program Paket C dan (2) mengetahui manfaat program Paket C bagi warga belajar di PKBM Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Subjek penelitian ini adalah seluruh tutor dan pengelola di PKBM Al-Muthi’in, serta warga belajar pada angkatan 16, 17, dan 18. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data meliputi analisis hasil wawancara, dokumen, dan kuesioner secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang terkumpul diolah menggunakan evaluasi model CIPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Paket C di PKBM Al-Muthi’in Banguntapan Bantul belum berjalan dengan baik, terutama pada proses pembelajaran. Hasil kedua adalah manfaat-manfaat yang diperoleh warga belajar program Paket C di PKBM Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul di antaranya adalah memperoleh pekerjaan dan melanjutkan kuliah setelah mengikuti program Paket C.

Keywords


evaluasi; program Paket C; CIPP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats