EVALUASI DAMPAK KEBIJAKAN PENDIDIKAN GRATIS 12 TAHUN DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT
Sudji Munadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk mengevaluasi dampak kebijakan pendidikan gratis 12 tahun yang dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat bagi pemerintah daerah, kepala sekolah, guru, dan wali murid serta bermanfaat secara optimal bagi pelaksanaan kebijakan pendidikan gratis.Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, menggunakan pendekatan diskriftif kuantitatif dengan model CIPP (context, input, process dan product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Subjek penelitian ini Sekolah SMA, SMK, dan MA di Kabupaten Sumbawa Barat dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling terdiri dari SMKN 1 Taliwang, SMKN Brang Ene, SMAN Jereweh, SMAN Brang Rea, SMAN Pototano, SMA Muhamadiyah, dan MAN Taliwang dengan responden 140 siswa, 70 guru dan 7 kepala Sekolah.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data meliputi analisis hasil wawancara, dokumen, dan kuesioner secara kuantitatif. Data yang terkumpul diolah menggunakan evaluasi model CIPP.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dari kebijakan pendidikan gratis 12 tahun pada SMA, SMK, dan MA di Kabupaten Sumbawa Barat adalah partisipasi masyarakat masih belum optimal. Hasil kedua adalah kinerja guru, motivasi belajar siswa dan prestasi akademik siswa dalam kategori baik.
Keywords
evaluasi; program Paket C; CIPP
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2443-1958
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats