ANALISIS HASIL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI SMA DI KOTA SERANG
Budi Mulyati,
Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPs UNY, Indonesia Badrun Kartowagiran,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam UN mapel Ekonomi SMA di kota Serang 2011/2012 dan pemanfaatan hasil UN oleh guru Ekonomi. Penelitian ini merupakan survey dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yakni data daya serap UN mapel Ekonomi serta respon guru Ekonomi SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata daya serap mapel Ekonomi sebesar 76,91% (SMAN) dan 75,89% (SMAS); rerata daya serap materi Ekonomi 75,97% (SMAN) dan 70,58% (SMAS); rerata daya serap materi Akuntansi 78,78% (SMAN) dan 86,51% (SMAS); materi Akuntansi yang memiliki rerata daya serap rendah yakni tentang “laporan keuangan”; materi Ekonomi sulit di SMAN yakni “ekonomi makro dan mikro”, “biaya peluang”, “indeks harga/inflasi”; di SMAS yakni “indeks harga/inflasi, “bursa efek”, APBN/APBD, “koperasi”. Kegiatan pemanfaatan hasil UN oleh guru Ekonomi masih perlu ditingkatkan; kegiatan pemanfaatan yang sudah dilakukan meliputi memperbanyak latihan soal dan melibatkan peserta didik dalam melakukan penilaian tugas dan latihan soal.