EVALUASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA SEMINARI PIUS XII KISOL KABUPATEN MANGGARAI TIMUR NTT
Badrun Kartowagiran, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pelaksanaan pendidikan karakter di SMA Seminari Pius XII Kisol. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP. Responden penelitian adalah 122 siswa, 23 guru, dan 12 formator. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi menunjukkan: 1) pada aspek konteks sebanyak 99,2% siswa, semua guru, dan semua formator mengatakan bahwa aspek karakter yang sangat diperlukan (diprioritaskan) di seminari adalah aspek kekudusan (sanctitas); 2) pada aspek input (a) sebanyak 95,7% guru memiliki kompetensi kepribadian sangat baik, 82,6% guru memiliki kompetensi sosial sangat baik, 69,6% guru memiliki kompetensi profesional sangat baik, dan 56,5% guru memiliki kompetensi pedagogik sangat baik, (b) hampir semua (91,7%) formator menunjukkan keteladanan yang sangat baik pada aspek kekudusan (sanctitas) dan relasi sosial (solidaritas), (c) seminari telah menyediakan berbagai sarana prasarana yang menunjang pelaksanaan pendidikan karakter; 3) pada aspek proses, (a) pelaksanaan kegiatan karakter di asrama dan di kelas secara umum tergolong baik, (b) pemanfaatan sarana prasarana yang masih kurang optimal adalah sarana pengembangan karakter kepandaian (scientia), (c) cukup banyak (73,8%) formator memiliki kedisiplinan dan kesinambungan yang tinggi dalam mengevaluasi aspek sanctitas; 4) pada aspek produk, sebanyak 59% siswa memiliki karakter sangat baik, 40,2% siswa memiliki karakter baik, dan 0,8% siswa memiliki karakter cukup baik.
Keywords
evaluasi; karakter; pendidikan karakter
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2443-1958
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats