EVALUASI KINERJA GURU MATEMATIKA SMP BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI KABUPATEN BANTUL
Suyata Suyata, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kinerja guru Matematika bersertifikat pendidik tingkat SMP di Kabupaten Bantul berdasarkan proses pembelajaran dalam kelas. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi yang menggunakan model diskrepansi, dan pendekatan deskriptif kuantatif dan kualitatif. Fokus penelitian adalah kinerja guru dalam proses pembelajaran di kelas yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran sesuai dengan standar proses dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan. Populasi penelitian adalah guru Matematika bersertifikat pendidik tingkat SMP di Kabupaten Bantul. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2015. Teknik penentuan besaran sampel untuk guru Matematika bersertifikat pendidik dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel peserta didik sebanyak 1065 orang ditentukan dengan teknik propotional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, telaah dokumen dan pedoman wawancara. Instrumen telah diujicoba, dianalisis, dan telah memenuhi syarat validitas isi, validitas konstruk dan reliabilitas yang baik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 64% guru Matematika bersertifikat pendidik memiliki kinerja yang tergolong baik dalam merencanakan pembelajaran. Sebanyak 68% guru memiliki kinerja yang sangat baik dalam melaksanakan pembelajaran, dan sebanyak 76 % guru memiliki kinerja yang baik dalam penilaian pembelajaran.
Keywords
evaluasi; kinerja guru; sertifikasi; Matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2443-1958
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats