PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN ENDE
Haryanto Haryanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian untuk mengukur kinerja guru matematika SMP di Kabupaten Ende. Instrumen penilaian yang dikembangkan terdiri dari angket dan dokumentasi. Prosedur pengembangan instrumen dalam penelitian ini terdiri dari: (1) menyusun spesifikasi instrumen,( 2) menulis instrumen, (3) menentukan skala instrumen, (4) menentukan sistem penskoran, (5) menelaah, (6) melakukan uji coba, (7) menganalisis instrumen, dan (8) merakit instrumen. Subjek penelitian adalah para siswa, kepala sekolah dan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penilaian kinerja guru matematika oleh siswa dari 32 butir yang dianalisis menjadi sepuluh faktor utama dan variansi sebesar 60,737% dengan koefisien Alpha sebesar 0,826 maka instrumen tersebut dikatakan reliabel; 2) penilaian kinerja guru matematika oleh teman sejawat dari 10 butir yang dianalisis menjadi dua faktor utama dan variansi sebesar 65,358 dengan koefisien Alpha sebesar 0,900 maka instrumen tersebut dikatakan reliabel; 3) penilaian kinerja guru matematika oleh kepala sekolah dari 16 butir yang dianalisis menjadi lima faktor utama dan variansi sebesar 78,409% dengan koefisien Alpha sebesar 0,872 maka instrumen tersebut dikatakan reliabel.
Keywords
pengembangan; instrumen; kinerja; guru matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2443-1958
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats