ANALISIS MISKONSEPSI FISIKA SISWA DALAM MENJAWAB SOAL UJIAN NASIONAL SMA DI KABUPATEN BUTON

Halimin Halimin, SMA Negeri 1 Siotapina, Buton Sulawesi, Indonesia
Heri Retnawati, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengidentifikasi miskonsepsi fisika siswa dalam menjawab soal Ujian Nasional SMA di Kabupaten Buton, 2) mengidentifikasi materi yang paling dominan terjadi miskonsepsi fisika siswa dalam menjawab soal Ujian Nasional SMA di Kabupaten Buton. Penelitian dilaksanakan pada SMA di Kabupaten Buton pada bulan Maret sampai dengan April 2015. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa lembar jawaban siswa atas soal yang disertai dengan CRI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda sejumlah 34 butir yang disusun berdasarkan SKL Ujian Nasional SMA tahun pelajaran 2014/2015.Validitas isi dibuktikan dengan menggunakan validitas ahli dan koefisien validitas ditentukan dengan menggunakan formula Aiken. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 67,90% respon jawaban oleh siswa yang tidak benar, 42,40% diantaranya disebabkan oleh miskonsepsi. Miskonsepsi paling banyak terjadi pada pemahaman konsep dasar fisika yaitu sebesar 65,92%. Berdasarkan analisis pada setiap butir soal, materi teori atom adalah materi dengan taraf miskonsepsi yang paling tinggi yaitu sebesar 53,72%.

Keywords


analisis; miskonsepsi fisika; ujian nasional SMA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats