ESTIMASI KESALAHAN BAKU PENGUKURAN SOAL-SOAL UAS FISIKA KELAS XII SMA DI KABUPATEN BIMA NTB
Syahrul Ramadhan,
Prodi PEP PPs UNY, Indonesia Djemari Mardapi,
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui karakteristik soal-soal UAS mata pelajaran Fisika kelas XII SMA tahun ajaran 2014/2015; (2) Mengestimasi kesalahan pengukuran yang dirancang oleh guru; dan (3) Menentukan metode yang akurat dalam mengestimasi kesalahan baku pengukuran. Analisis data didasarkan pada respon peserta didik terhadap perangkat tes UAS Mata Pelajaran Fisika kelas XII tahun ajaran 2014/2015 di SMAN 1Sape, SMAN 2 Sape, SMAN 3 Sape, MAN Sape, SMA Muhammadiah Sape dan SMA PGRI Sape. Analisis butir soal enam perangkat tes tersebut dilakukan dengan Metode Feldt, Metode Compound Binomial, Metode Anava, dan Metode Teori Respons Butir. Indeks reliabilitas perangkat tes SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3 kurang dari 0,7, sedangkan perangkat tes MAN, SMA Muhamadiah dan SMA PGRI lebih besar dari 0,7. Hasil analisis estimasi kesalahan baku pengukuran berdasarkan Metode Compound Binomial memberikan nilai terkecil dibandingkan metode Feldt, metode Analisis Varian dan metode Teori Respon Butir pada tiap perangkat tes.