EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013

Nurul Mulyaningsih, Prodi PEP PPs UNY, Indonesia
Badrun Kartowagiran, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsiskan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan pendekatan Saintifik yang meliputi; (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan proses pembelajaran, dan (c) penilaian di SMA Kota Yogyakarta, dibandingkan dengan standar pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi ketimpangan atau Discrepancy Model. Subyek penelitian terdiri atas guru dan siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dengan lembar observasi, telaah dokumen RPP dengan lembar telaah, dan angket dengan lembar angket siswa. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan yang terkait dalam pelaksanaan pembelajaran.Pertama, kualitas perencanaan pembelajaran termasuk dalam kategori baik. Kedua, kualitas pelaksanaan proses pembelajaran termasuk dalam kategori baik. Ketiga,penilaian hasil belajar termasuk dalam kategori baik.

Keywords


evaluasi; pelaksanaan pembelajaran; pendidikan agama islam dan budi pekerti; pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats