KOMPARASI MODEL PENSKORAN BERDASARKAN TEORI RESPONS BUTIR PADA SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Nuril Huda, Prodi PEP PPs UNY, Indonesia
Djemari Mardapi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) karakteristik perangkat tes Ujian Nasional (UN) paket E03 mata pelajaran matematika SMA/MA program IPA tahun pelajaran 2013/2014, 2) distribusi skor dari empat model penskoran, 3) hubungan kesesuaian skor dari empat model penskoran, dan 4) komparasi skor dari empat model penskoran. Data penelitian ini berupa respons j peserta didik SMA/MA program IPA yang menempuh tes UN paket E03 mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2013/2014 dipropinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Analisis data dilakukan berdasarkan teori respons butir dengan menggunakan program Bilog-MG versi 3.0. Hasil penelitian ini adalah 1) perangkat tes UN paket E03 memiliki daya beda, tingkat kesukaran, dan pseudo-guessing yang baik, dengan kesalahan baku pengukuran sebesar 0,22 logit, 2) distribusi skor keempat model penskoran memiliki skewness dan kurtosis yang berbeda, 3) hubungan kesesuaian skor antarmodel penskoran yang paling tinggi terjadi pada model penskoran NW_2PL dan NW_3PL, 4) hasil uji perbandingan menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan (p value < 0,05) rerata skor dari keempat model penskoran.

Keywords


karakteristik butir soal; teori respon butir; model penskoran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats