ESTIMASI KESALAHAN PENGUKURAN PERANGKAT SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI SMA DI KABUPATEN BANJARNEGARA
Nahiyah Jaidi Faraz, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik perangkat soal uji coba UN mata pelajaran ekonomi SMA; (2) mengestimasi kesalahan pengukuran perangkat soal uji coba UN mata pelajaran ekonomi SMA dan (3) mengetahui metode yang paling akurat dalam mengestimasi kesalahan baku pengukuran perangkat soal uji coba UN mata pelajaran ekonomi SMA di Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. Data diperoleh dari respon peserta didik terhadap soal uji coba UN mata pelajaran ekonomi SMA di Kabupaten Banjarnegara. Lembar jawab yang dianalisis sebanyak 809 lembar yang diperoleh dari dua paket soal yakni paket 1 dan paket 2. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi. Metode yang digunakan untuk mengestimasi kesalahan pengukuran perangkat soal tersebut adalah metode Thorndike, Binomial Lord Modifikasi Keats, Analisis Varians dan Teori Respon Butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) soal paket 1 memiliki 13 butir soal dengan kategori baik dari total soal 40 butir, sedangkan soal paket 2 memiliki 20 butir dengan kategori baik dari total soal 40 butir; (2) estimasi kesalahan baku pengukuran berdasarkan metode Thorndike, Binomial Lord modifikasi Keats, Analisis Varians dan Teori Respon Butir untuk paket satu secara berturut-turut 1,8005; 0,8742; 2,7873 dan 0,1990 s.d 1,0320. Estimasi kesalahan baku pengukuran untuk paket dua secara berturut-turut 1,7673; 0,8392; 2,8302 dan 0,2005 s.d 1,0073; (3) metode yang paling akurat dalam mengestimasi kedua paket soal yaitu metode Binomial Lord Modifikasi Keats.
Keywords
estimasi kesalahan pengukuran; perangkat tes; uji coba Ujian Nasional
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2443-1958
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats